THE CORRELATION BETWEEN READING MOTIVATION AND READING COMPREHENSION OF THE GRADE X STUDENTS SMA S NURUL ‘ILMI PADANGSIDIMPUAN

Desti Amelisa (IAIN Padangsidimpuan)
Eka Sustri Harida (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Fitri Rayani Siregar (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari korelasi antara motivasi membaca dan pemahaman membaca siswa di kelas X SMA S Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan metode korelasi. Populasi nya terdiri dari 240 siswa dari delapan kelas. Kemudian sample diambil dengan random sebanyak 48 siswa. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengetahui motivasi membaca siswa dan tes untuk mengetahui pemahaman membaca siswa serta menggunakan product moment dan t-test untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini ditemukan rata-rata skor motivasi membaca siswa adalah 93 dan rata-rata skor pemahaman membaca adalah 65.66. Skor pada rcount adalah 0.474 dan rtable pada taraf significant 5% adalah 0.368. Hasilnya rcount lebih besar dari rtable(0.474>0.368). Kemudian, skor dari tcount adalah 3.692 dan ttable pada taraf significant 1 % adalah 2.09. Jadi, tcount lebih besar dari ttable(3.692>2.09) yang berarti  hipotesis (Ha) diterima. Peneliti menyimpulkan bahwa signifikan korelasi antara motivasi membaca dan kemampuan membaca siswa kelas X di SMA S Nurul Ilmi Padangsidmpuan adalah kategori cukup.


Keywords


motivasi membaca, pemahaman membaca

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Brown, H. Douglas, Language Assessment: Principles and Classroom Practice, United State Of Francisco: State University, 2004.

¬¬_______________, Teaching By Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy, USA: Prentice-Hall, Inc., 1994.

Beatrice S. and Mikulecky, More Reading Power, USA: Addison-Wesley Publishing Company, Inc, 1996.

Gay, L. R and Peter Airaisan, Educational Research for Analysis and Application, America: Prentice Hall, 1992.

Gage, N. L. & David C. Berliner, Educational Psychology, Boston: Houghton Mifflin Company, 1984.

Gambrel, Linda B. and Friends, Assessing Motivation to Read, Vol. 49, No.7, 519.1996, International Reading Association. Accessed on https://goo.gl/2UFcdD, Retrieved on September, 26th 2017.

Hornby, A. S, Oxford Learner’s Pocket, New York: Oxford University Press, 2008.

ItaPurnama Sari, The Effect Grammar Transalation Method on Student’s Ability In Descriptive Text at Grade X of SMAN 1 Arse, Unpublished Thesis, Padangsidimpuan: IAIN, 2015.

Mohammad Reza Ahmadi, The Correlation Between Students’ Reading Motivation and Reading Comprehension, Vol. 4, No.18, 2013, Journal of Educational and Fractice, Accessed from https://goo.gl/h67dfU, Retrieved on September, 26th 2017.

Murniasih, The Correlation Between Students’ Motivation in Reading and Their Speed Reading, Jakarta: UIN SyarifHidayatullah, 2013, Accessed from https://goo.gl/Kw8mFd,Retrieved on September, 26th 2017.

Nana Sudjana and Ibrahim, PenelitiandanPenilaianPendidikan, Jakarta: SinarbaruAlgesindo, 2002.

Nora Wahyuni, The Correlation between Lectures Teaching Technique and Reading Comprehension at Third Grade of English Education Program (TBI) IAIN Padangsidimpuan, Unpublished Thesis, Padangsidimpuan: IAIN, 2017.

Nunan, David, Practical English Language Teaching, New York: Mc Grow Hill, 2003.

O’Malley, J. Michael & Lorraine Paldez Pierce, Authentic Assessment for English Language Learners, USA: Addison-Wesley Publishing Company, Inc., 1996.

Oshima, Alice and Ann Hogue, Writing Academic: A Writing and Sentence Structure Workbook For International Students, USA: Addison-Wesley Publishing Company, 1983.

PunajiSetyosari, MetodePenelitiandanPengembangan; EdisiKetiga, Jakarta: Kencana, 2013.

Pardiyono,Pasti Bisa, Teaching Genre Based Writing, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2007

Santrock, John W., Educational Psychology, New York: Mc-Graw Hill, 2004.

SatrioNugroho, Practical English Grammar; Tata BahasaIngrisLengkap, Surabaya: Kartika, 1998.

Scanlone, Early M., eat at. al., Early Intervention For Reading Difficulties: The Interactive Strategies Approach, New York: The Guilford Fress, 2010.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta,2002.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: ALFABETA, 2006.

Tarigan, Hendry Guntur, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2005.

Westwood, Peter, Reading and Learning Difficulties: Approach To Teaching and Assessment, Australia: Nasional Library of Australia, 2001.

Weir, Cryll J. Communicative Language Testing, New York: Prentice Hall, 1990.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v6i1.1251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats