STUDENTS’ ANALYSIS IN SYLLABIFYING WORD AT THE SIXTH SEMESTER OF TADRIS BAHASA INGGRIS IAIN PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini adalah analisis siswa pada kata syllabifying pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan. Para siswa masih mengalami kesulitan dalam suku kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis siswa dalam suku kata pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan, untuk menemukan kesulitan siswa dalam suku kata pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan, dan untuk menjelaskan kesulitan siswa dalam suku kata pada semester keenam Tadris Bahasa Inggris di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif. Sumber data untuk penelitian ini adalah siswa pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan sebagai sumber primer dan dokumen dosen sebagai sumber sekunder. Ada dua instrumen dalam mengumpulkan data, yaitu dokumen dan wawancara. Data diolah dan dianalisis dengan proses kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan analisis siswa dalam kata-kata suku kata pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan dominan dalam transkripsi. Kesulitan siswa dalam transkripsi adalah 12 siswa, jumlah suku kata adalah 8 siswa dan struktur suku kata (onset, nukleus dan coda) adalah 7 siswa. Alasan masalah siswa dalam pembuatan suku kata pada semester enam Tadris Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan adalah siswa memiliki masalah dominan dalam transkripsi karena kurangnya latihan siswa, siswa tidak mengerti tentang bunyi simbol dan siswa sulit untuk membedakan dipthong dan tripthong. Jadi, siswa harus meninjau pelajaran tentang bunyi simbol terutama vokal dan konsonan berdasarkan standar bahasa Inggris, sehingga mereka tidak bingung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penellitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka
Cipta, 2006.
Ary Donald,et al, Introduction to Research in Education, Australia: WADSWORTH, 2006.
Carr Philip, English Phonetics And Phonology An Introduction , USA: Blackwell, 1999.
Duanmu San, “A Thesis Formal Study of Syllable, Tone, Stress and Domain in Chinese
Languages”, Massachusetts Institute of Technology, 1990.
Fust Tammy Renee, “A Thesis Syllable Systems: Four Students' Experiences In Learning
Rhythm”, Louisville: University of Kentucky, 2006
Gay L.R. and Airasian Peter, Educational Research, New Jersey: Prentice-Hall, 2000.
Giegerich Heinz J., English Phonology An Introduction, New York: Cambridge
University Press, 1995.
Green Christopher Ryan, “A Thesis Prosodic Phonology in Bamana (Bambara): Syllable
Complexity, Metrical Structure, and Tone”, India: Indiana University, 2010.
Jufrizal, Course Book Introduction To General Linguistics, Padang: Padang State
University, 1999.
Daniel Jones, The Pronunciation of English, London: Cambridge University Press, 1986.
Katamba, An Introduction To Phonology, Francis: Longman Group UK Limited.
Kriyantono Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: KENCANA PERDANA MEDIA GROUP, 2006
Lass Roger, Phonology an Introduction to Basic Concepts, London: Cambridge
University Press, 1984.
O’Grady William, et al., Contemporary Linguistic An Introduction, New York: Bedford
ST. Martin’s, 2005.
Private Interview, Students at Fifth Semester of TBI in Padangsidimpuan
Rahmadani Sri, “A Thesis Student Mastery on English Syllable at the Sixth Semester of
Tadris Bahasa Inggris in IAIN Padangsidimpuan”, Padangsidimpuan: IAIN, 2016
Rangkuti Nizar Ahmd, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Cita Pustaka Media, 2016.
Richard Jack C, Longman Dictionary of Language Teaching& Applied Linguistic,
London: Longman, 2002.
Riyanto Slamet, English Vocabs, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Roach Peter, English Phonetic and Phonology Practical Course, New York: Cambridge
University Press, 2000.
George Gerri, Www.Wildriverreview.Com/Lit/Essays/.
Sukadi Hanik Mujiati, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat
Pada Apotek Arjowinangun (Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (Ijcss) Fti Unsa - Ijcss.Unsa.Ac.Id, Www. Ijns.Org/Journal/Index.Php/Ijns/ Article/View/279/273.
Szigetvari Peter, English Phonological Analysis Http://Seas3.Elte.Hu/Analysis/Analysis4. Pdf.
Tracey Ellen Taylor,” The Effects of Teaching Two Syllable Types and One
Syllabication Rule on the SpellingAchievement of Students w ith Learning
Disabilities” (Grand Valley: State University, 1997), p. 38, http://scholar
works.gvsu. edu/theses,
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v6i2.1264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats