An Analysis on English Teachers’ Performance Of Pedagogy Competence At SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu North Padang Lawas Regency

Syamsiyah Depalina Siregar ()

Abstract


ABSTRACT

 

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penampilan guru bahasa Inggris mulai dari perencanaan hingga implementasi proses pembelajaran di dalam kelas. Penampilan guru yang akan dilihat adalah berdasarkan aturan bahwa guru harus memiliki empat kompetensi yakni kompetensi pedagogi, professional, social dan pribadi.  Penelitian ini merupakan mixing method dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif, menggunakan sampel populasi sebanyak lima orang guru. Data didapat dnegan menggunakan wawancara, observasi, dokumen, catatan lapangan dan angket. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sebahagian guru memiliki kompetensi dimaksud, namun sebahagian lagi kurang. Sehingga dapat dikatakan bahwa masih kurang, karena ternyata guru kurang memeprsiapkan proses pembelajaran dengan baik sehingga perlu peningkatan dan perhatian lebih agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Disamping itu kepala sekolah juga harus lebih proaktif dan selalu mendorong guru untuk peningkatan kualitas diri.

 

Keywords: teacher performance, pedagogy competence


Full Text:

PDF

References


REFERENCES

Altman, H.B and Cashin, W.E, 1992 Writing a Syllabus, paper,(online), no 27, Kansas Stated University, (http://honolulu.hawaii.edu/intranet/committees/FacDevCom/guidebk/teachtip/writesyl.htm, retrieved on 25th July)

Arends, R.I. 2009. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.

Bernaddin, Russel. 1993. Performance Assessment And Evaluation Handbook. (online), ( http://teacher.pdfretrieved on 25th July 2010).

Bigge, M.L and Shermish,S.S. 1992. Learning Theories For Teacher, Newyork: Harper Collins, publisher.

Brown, H.D, 1994, Teaching by principles: an Interactive approach to Language Pedagogy, New Jersey: Prentice Hall Regents.

Cruickshank, D.R. 1990, Research that informs teachers and teacher educators. Bloomington: Phi Delta Kappa Educational Foundation.

Dharma. Surya. 2008. Penilaian Kinerja Guru.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gay, L.R. and Peter Airasian.2000. Educational Research: Competencies for analysisi and application(9th ed);New York: Prence hall, Inc

Hornby, A.S. 2000. Oxford Advanced Learners Dictionary,New York: Oxford University.

James, Mark. 2001. Perspective Reexamining Notions of the L2 Syllabus. TESL CANADA Journal, (online), Vol. 19 No 1, P 81-87, (http://iteslj.org/article/James-PerspectivereexaminingnotionsofthrL2 syllabus.htmlretrieve on July, 25th 2010).

Katsara. Katerina. 2008. Syllabus Writing: What is, What for and How to go about it. EKAEBE Journal. Vol. 22, P 22-24

Maleong, J.L2005. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2001. Manajemen sumber daya manusia. perusahaan Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E.. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustafa M. Nur, Othman Norasmah. 2010. The Effect of Work Motivation on Teacher’s Work Performance in Pekanbaru Senior High Schools, Riau Province, Indonesia. Paper (online)Paper Sosiohumanika, 3 (2) 2010, (http://www.07.nur.unija.sosio.nov.2010.pdf.orgretrieve on July 25th 2010)

Ormrod, J.E 2003 Educationalpsychology, developing learners. (4th ed). Merrill: Pearson Education, Inc.

Peraturan Mendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi (SI). Retrieved on 3rd December 2010 from http://www.BSNP.org

--------------------------- No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Retrieved on 3rd December 2010 from http://www.BSNP.org

--------------------------- No. 74/2008 tentang Guru Retrieved on 3rd December 2010 from http://www.depdiknas.org

Robbins, S.P. 1994. Essential of Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Ruky, A.T. 1994. Instructional Teaching. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Timpe, D. 1998. Prestasi. Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.

Yuwono Grace.2005. English Language Teaching in Decentralized Indonesia: Voices from the Less Privileged Schools, International Education Research Conference. Paper. Sydney: University of Sydney.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v1i2.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats