Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pelaksanaan pembelajaran daring mengalami banyak kendala dan kesulitan yaitu terbatasnya interaksi yang terjadi antara guru dan siswa, serta guru menjadi tidak bisa menjelaskan materi secara langsung terlebih pada mata pelajaran matematika yang memerlukan pemahaman lebih untuk bisa mengerti materi yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 16 Mataram tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Fact. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 16 Mataram dengan jumlah sampel 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket mengenai pembelajaran daring dan dokumentasi berupa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika saat UTS/PTS. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS Statistic 25.0, hasil diperoleh pada uji regresi linear sederhana yaitu nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dengan nilai thitung -3,881 < ttabel 2,079 yang berarti ada pengaruh negatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ho ditolak dan Ha diterima dengan kontribusi pembelajaran daring sebesar 39% dan 61% dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baso Intang Sappaile, “Konsep Penelitian Ex-Post Facto”, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, Nomor. 2, Hlm. 2.
Dani Firmansyah, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”, Jurnal Pendidikan Unsika, Vol. 3. Nomor.1, Hlm. 37.
Dasmadi, Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Kompensasi Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja dan Motivasi Pegawai, Jawa Tengah: Lakeisha, 2021. Hlm. 56.
Elis Wati, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur”, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, Nomor. 2, Hlm. 177.
Faraniena Yunaeni, Statistik Sosial, Jawa Timur: Duta Media Publishing, 2019, Hlm. 67.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. Adil Indonesia Jurnal, 2(13), 13–23.
Hardani., dkk, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020, Hlm 361.
Hannur, R., & Adinda, A. (2023). Kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap pemecahan masalah: Systematic literature review. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 7(1), 75–82. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Komunika/article/view/14531
Harahap, L. Y., Adinda, A., & Amir, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI STATISTIKA. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(5), 190–100.
Heru Kurniawan, Pengantar Praktis Penyususnan Instrumen Penelitian, (Sleman: Deepublish Publisher, 2021), Hlm. 1.
Irna Elri Samoling, dkk., “Evaluasi Program Pembelajaran Ekonomi Secara Daring pada Masa Pandemi Covid Di SMAN 2 Salatiga”, Jurnal Of JETCLC, Vol. 1, Nomor. 3, Hlm. 127.
Iwan Hermawan, “Metodelogi Penelitian Pendidikan”, (Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019), Hlm. 16.
Janti, S. (2014). Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 85(1), 2071–2079.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/689
Junsella Hamony, Roseli Theis, “Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi”, Edumatica, Vol. 02, Nomor. 01, Hlm. 12.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Education in the Time of the Covid-19 Pandemic. Journal of Sinestesia, 10(1), 41–48.
Lubis, L. A., Aina, T., & Wandini, R. R. (2024). Penggunaan Media Puzzle Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pelajaran Matematika. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(3), 250–255. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.1397
Luh Devi Herliandry,. Dkk, “ Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22, Nomor. 1, Hlm. 67.
M. Muchson, Metode Riset Akuntansi, (Jawa Barat: Guepedia, 2017), Hlm 94.
Middya Boty, “Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’had Islamy Palembang”, JIP, Vol. 4, Nomor. 1, Hlm. 47-48.
Maya Rahmatia, dkk. “Pengaruh Medai E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh”. Jurnal Imiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume. 2. Nomor. 1. Hlm. 212.
Nurhandayani Hasanah., dkk, “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Dalam Perspektif Strengt, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT): Studi Di SD Negeri 42 Ampenan”, Jurnal PGMI, Vol. 13, Nomor. 1, Hlm. 16.
Ovan, Andika Saputra, CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web, Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2020, Hlm. 4.
R. Gilang K, Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19, Jawa Tengah: Lutfi Gilang, 2020, Hlm. 34.
Rahmawida Putri, Model Blended Learning Berbasis Quided Inquiry, Jawa Tengah: CV Tahta Media Grup, 2021, Hlm. 3-7.
Ricardo., Rini Intan Meilani, “Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 2, Nomor. 2. Hlm. 193.
Risna Kurniati, “Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang”, Jurnal Ilmiah PGMI, Vol. 2, Nomor. 1. Hlm. 8.
Rofiqoh, I., & Zulhawati. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran. In Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Sandi Budiana dkk, “Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”, Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 12, Nomor. 2, Hlm. 71.
Siti Nur’Aini Wahyu Lukmana, “Pengaruh Pembelajaran Online Masa Pandemi Terhadap Minat Belajar Siswa di Paud Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik”. (Skripsi, FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, 2021), Hlm. 11-12.
Sobron Adi Nugraha., dkk, “StudI Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, Nomor. 3, Hlm. 265.
Sudaryono, Statistik I, Yogyakarta: Andi Offset, 2021, Hlm. 20.
Sumardi, Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar, Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2020, Hlm. 82.
Syofian Siregar, “Metode Penelitian Kuantitatif”, Jakarta: Kencana, 2017, Hlm. 289.
Ujicati Cahyaningsih, ”Penerapan Model Pembelaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assited Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika”, Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 4, Nomor. 1, Hlm. 7.
Wahab Jufri, Belajar Dan Pembelajaran Sains: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional, Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2017, Hlm. 75.
Wahyudi, A., & Yulianti, Y. (2021). Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4292–4298. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1555
Wiwin Indah Lestari dkk, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar
DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i1.11259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rizki Isma Wulandari, Citra Indah Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id
Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0