Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Metode penelitian yang digunakan adalah etnomatematika dengan objek penelitian adalah permainan tradisional kelereng. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari objek penelitian yaitu permainan kelereng, narasumber yaitu sesepuh sebanyak 3 orang, dan dokumen terkait yang membahas permainan kelereng. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan analisis data, maka disimpulkan bahwa terdapat pada permainan kelereng terdapat konsep matematika, yaitu konsep bangun ruang pada bentuk kelereng, konsep geometri datar dan trigonometri pada bentuk area permainan kelerang, dan konsep peluang dan operasi hitung bilangan bulat pada pelaksanaan permainan kelereng.
This study aims to identify and describe ethnomathematics in the traditional game of marbles. The research method used is ethnomathematics with the object of research being the traditional game of marbles. The data sources in this study consisted of: the research object, namely marbles games, sources, namely 3 elders, and related documents discussing marbles games. Data collection techniques are carried out through: observation, interviews, and documentation. Based on the research results obtained and data analysis, it is concluded that there are mathematical concepts in the game of marbles, namely: the concept of geometric shapes in the shape of marbles, the concept of flat geometry and trigonometry in the shape of the game area of marbles, and the concept of opportunity and integer arithmetic operations in the implementation marble game.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A.S. 2017. Ethnomathematics in perspective of sundanese culture. Journal on Mathematics Education.
Abi, A. M. (2016). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia,
Mei, M.F., Seto, S.B. dan Wondo, M.T.S. 2020. Eksplorasi Konsep Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Kelereng pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains.
Mei, M.F., Seto, S.B. dan Wondo, M.T.S. 2020. Pembelajaran Kontekstual melalui Permainan Kelereng pada Siswa Kelas III SD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores.
Febriyanti, C., Kencanawaty, G. dan Irawan, A. 2019. Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permaninan tradisional bagi anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak.
Julaika, N. 2022. Dampak Penggunaan Permainan Kelereng Berbasis Etnomatematika Sebagai Perangkat Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika T.A 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU].
Lisgianto, A. dan Suhendri, H. 2021. Pengembangan Video Edukatif Volume Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisonal Via Youtube. Jurnal Derivat.
Munawaroh, H. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Nkopodi, N., & Mosimege, M. (2009). Incorporating the indigenous game of morabaraba in the learning of mathematics. South African Journal of Education.
Nurfitriyanti, M., Suhendri, H. dan Nurhayati, N. 2020. Effectiveness of Mathematical Comics as the Development of Teaching Material. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 512. Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
Pratiwi, J.W. dan Pujiastuti, H. 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.
Risdiyanti, & Prahmana, R. C. I. (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series.
Riza, M., Fajriah, N. dan Hidayano, T. 2022. Pengembangan LKPD Elektronik Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Berbasis Etnomatematika. Jurnal Derivat.
Silfiana, N. dan Widyastuti, W. 2021. Etnomatematika Permainan Kelereng Sebagai Media Belajar Matematika Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education.
Siregar, N. dan Lestari, W. 2018. Peranan Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika.
Sulistyawati, E. 2018. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Budaya Lokas untuk Siswa SMP. Journal Factor M.
Vasquez, E.L. 2017. Ethnomathematics as an Epistemological Booster for investigating Culture and Pedagogical Experience with theYoung Offender orPrison School Communities. Journal of Education and Human Development.
DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i1.11402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mayani Ritonga, Suparni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id
Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0