Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di MTs S GUPPI Malintang

Adil Halomoan Hasibuan (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Suparni Suparni (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Nadiah Nadiah (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi kubus dan balok kelas VIII-A MTs S GUPPI Malintang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode siklus dengan empat tahapan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan/ tindakan (action), pengamatan/ observasi (observation) dan refleksi (reflection). Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes dan lembar observasi. Dilihat dari data hasil belajar siswa, pra-siklus yaitu nilai rata-rata sebelum diberikan tindakan adalah 63,3 dengan persentase ketuntasan adalah 20 % dengan 6 siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimum. Siklus I pertemuan I yaitu nilai rata-rata pada pertemuan pertamaadalah 68,00 dengan persentase ketuntasan adalah 26,6 % dengan 8 siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimum. Siklus I pertemuan II yaitu nilai rata-rata pada pertemuan kedua adalah 72,00 dengan persentase ketuntasan adalah 46,6 % dengan 14 siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimum. Siklus II pertemuan III yaitu nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pertemuan ketiga adalah 75,66 dengan persentase ketuntasan adalah 53,3 % dengan 16 siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimum. Siklus II pertemuan IV yaitu nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pertemuan keempat adalah 82,33 dengan persentase ketuntasan adalah 80 % dengan 24 siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimum. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe Jigsaw, Kubus dan Balok

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin, Khairil Ikhsan, Hasnah, Mardiah, & Nursia. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. EDULEC : EDUCATION, LANGUAGE AND CULTURE JOURNAL, 2(1), 24–38. https://doi.org/10.56314/edulec.v2i1.28

Arikunto, S. (2007). Penelitian TIndakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ashirin, N., & Hainul Putra, Z. (2021). KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 110 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04, 21–24. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Harahap, S. A., & Rakhmawati, F. (2022). Etnomatematika dalam Proses Pembuatan Tempe. 06(02), 1291–1300.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Heryekti Pujingsih, R. R. S. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy, 8(1), 50. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3196

Lubis, R. S. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735

Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4).

Nurlaila, M., Agus, R. N., Lestari, I., Pendidikan, P., Universitas, M., & Raya, S. (2022). PENGEMBANGAN ILKPD IINTERAKTIF IMENGGUNAKAN ILIVE WORKSHEETS IUNTUK IMENINGKATKAN IKEMAMPUAN IPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ISISWA DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LKPD USING LIVE WORKSHEETS TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY TO UNDERSTAND MATHEMATICAL CONCEPTS. Journal Abacus, 3(1). www.liveworksheet.com.

Maulana Arafat Lubis, H. N. (2022). Model-Model Pembelajaran PPKN di SD/MI. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Kosdakarya.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan Matematika Realistik. Bandung: Citapustaka Media.

Sabri, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar Microteaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana.

Surur, M., Tri Oktavia, S., Prodi Pendidikan Ekonomi, D., & PGRI Situbondo, S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Sudjana, N. (1999). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363

Wono Setya Budi, d. (2022). Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII. Bandung: Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i1.11404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adil Halomoan Hasibuan, Suparni, Nadiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id

 

Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0