Optimalisasi Pemberdayaan Literasi Wakaf Berbasis Kontent Digital Society 5.0
Abstract
Perbedaan antara realisasi dan kemungkinan wakaf uang dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan betapa menariknya minat masyarakat untuk wakaf uang. Mengingat besarnya potensi wakaf uang yang ada dan fakta bahwa 87% orang Indonesia beragama Islam, realisasi yang hanya mencapai 1% ini sangat mengecewakan. Adapun dalam memunculkan minat berwakaf dapat dipengaruhi oleh faktor pengetahuan dan tingkat religiusitas yang dimiliki oleh masing-masing individu. Literasi berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat muslim berwakaf uang, artinya jika variabel literasi ditingkatkan maka minat masyarakat muslim berwakaf uang akan meningkat. Adapun tujuan penelitian ini untuk pertama, menjelaskan bagaimana upaya literasi wakaf dapat meningkatkan kesadaran wakif untuk berwakaf melalui konten digital society 5.0. Kedua, menjelaskan kemudahan, pengetahuan dan mampu mengajak wakif untuk berwakaf. Adapun salah satu konsep yang turut mendukung lingkungan kerja Society 5.0adalah co-creation. Apabila tingkat literasi wakaf melalui konten digital di masyarakat menunjukan hal yang positif, maka kesadaran masyarakat dalam berwakaf uang akan semakin meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acep Zoni Saeful Mubarok. (2021). Literasi Wakaf Uang Berbasis Masjid. Jurnal Bimas Islam, 14(1), 132–160. https://doi.org/10.37302/jbi.v14i1.355
Adharani, Y., & Khairunnisa, H. (2023). Pengembangan Aplikasi Wakaf Berbasis Android. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 13(3). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/18458
Al Faruqi, U. (2019). Future service in industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67–79.
BAZNAS. (2019). Indeks Literasi Zakat: Teori dan Konsep. Pusat Kajian Strategis - Badan Amil Zakat Nasional.
Budi Setiadi, Nurhasanah, N., & Sulistiani, S. L. (2021). Perbandingan Efektivitas Penghimpunan Dana Wakaf Melalui Uang Berbasis Online di Global Wakaf dan Dompet Dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.97
BWI. (2021, Februari 24). Update! Daftar Nazhir Wakaf Uang Februari 2021. https://www.bwi.go.id/6065/2021/02/24/update-daftar-nazhir-wakaf-uang-februari-2021/
Dahlan, R. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI NAZHIR TERHADAP WAKAF UANG. ZISWAF : Jurnal Zakat dan Wakaf, 4(1), 1. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i1.3028
Duha, T., Nurul Fajriyah, Wawan Setiawan, & Ernawati Dewi. (2022). Implementasi Teknologi Big Data di Era Digital. Jurnal Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.57094/ji.v1i1.333
Ellitan, L. (2020a). Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 10(1), 1. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.657
Ellitan, L. (2020b). Competing in the era of industrial revolution 4.0 and society 5.0. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 10(1), 1–12.
Fauziah, S., & El Ayyubi, S. (2019). Faktor-faktor yang Memengaruhi Persepsi Wakif terhadap Wakaf Uang di Kota Bogor. Al-Muzara’ah, 7(1), 19–31. https://doi.org/10.29244/jam.7.1.19-31
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Spotlight, 27(5), 47–50.
Hafizd, J. Z., & Khoirudin, A. (2022). LITERASI WAKAF TUNAI UNTUK MEMAJUKAN EKONOMI UMAT ISLAM. Abdimas Galuh, 4(1), 152. https://doi.org/10.25157/ag.v4i1.6949
Holroyd, C. (2019). Digital content promotion in Japan and South Korea: Government strategies for an emerging economic sector. Asia & the Pacific Policy Studies, 6(3), 290–307. https://doi.org/10.1002/app5.277
Iskandar, F. I. (2019). Fundraising Strategy of Cash Waqf in Pondok Modern Tazakka in 2019. Journal of Islamic Economics and Philanthropy, 2(04), 541. https://doi.org/10.21111/jiep.v2i04.4311
Masfufah, M., & Achiria, S. (2019). Perilaku Produsen pada Model Kemitraan Go Food dalam Prespektif Ekonomi Islam (studi kaasus Daerah Wirobrajan,Yogyakarta). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 9(1), 1. https://doi.org/10.21927/jesi.2019.9(1).1-8
Muhammad Nur Afif Afandi, Umi Dinurri’anah, & Martini Dwi Pusparini. (2022). ANALISIS TINGKAT LITERASI WAKAF UANG CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 4(2), 1194–1208. https://doi.org/10.20885/tullab.vol4.iss2.art12
Nanda, T. S. F., Ayumiati, A., & Wahyu, R. (2019). TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH: STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 1(2), 141. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v1i2.8573
Napitupulu, R. M., Harahap, H. H., & Simamora, A. M. S. (2021). Waqf Literacy of Generation Z in Indonesia. Review of Islamic Economics and Finance, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.17509/rief.v4i1.34050
Potočan, V., Mulej, M., & Nedelko, Z. (2020). Society 5.0: Balancing of Industry 4.0, economic advancement and social problems. Kybernetes, 50(3), 794–811.
Pujianto, A., Mulyati, A., & Novaria, R. (2018). PEMANFAATAN BIG DATA DAN PERLINDUNGAN PRIVASI KONSUMEN DI ERA EKONOMI DIGITAL. Majalah Ilmiah Bijak, 15(2), 127–137. https://doi.org/10.31334/bijak.v15i2.201
Rahman, M. F. (2009). Wakaf Dalam Islam. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 1(1). https://doi.org/10.15408/aiq.v1i1.2455
Rupo, D., Perano, M., Centorrino, G., & Sanchez, A. V. (2018). A framework based on sustainability, open innovation, and value cocreation paradigms—A case in an Italian maritime cluster. Sustainability, 10(3), 729.
Setiadi, B., & Sulistiani, S. L. (2021). Perbandingan Efektivitas Penghimpunan Dana Wakaf Melalui Uang Berbasis Online di Global Wakaf dan Dompet Dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 32–36.
Siregar, L. M., & Setiawan, P. (2020). Wakaf Sebagai Ibadah Sosial Berkelanjutan. Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 23(2).
Suganda, A. D. (2014). KONSEP WAKAF TUNAI. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2). https://doi.org/10.32678/ijei.v5i2.25
Syamsuri, S., & Al Mananaanu, Y. (2021). PERAN WAKAF UANG DALAM MEMBERDAYAKAN PENDIDIKAN. Kodifikasia, 15(1), 19–36. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v15i1.2659
Widiastuti, T. (2020). Ethnomethodology Study of Digitalized Social Communication Apprehension in Basmala Youth Community Members. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(1), 42–51.
Winahyu, A. I. (2019, Mei). BWI: Potensi Wakaf Indonesia Rp 77 Triliun Setahun. Media Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v4i2.10298
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani
Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.
jisfimcontact@gmail.com
jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129