Analisis Literasi Pembiayaan Pedagang Mikro Pada Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank

Muhammad Ridwan (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Norlan Cahaya Harahap (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

          This research is motivated by the findings of researchers in the field that micro traders are more interested in transacting with non-bank financial institutions compared to Islamic bank financial institutions. The discussion in this study, among others, is related to the title of researchers, namely financing, bank financial institutions, non-bank financial institutions, Islamic banking legal basis, Islamic banking business activities, marketing understanding, marketing objectives, marketing mix 4P (product, price, place, promotion ). The method used in this research is descriptive qualitative, which is to understand what phenomena experienced by research subjects. While the data collection techniques in this study were by observation, interview, and documentation. The subjects in this study were micro traders around the Sangkumpal Bonang market in Padangsidimpuan and PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidmpuan. The results of this study indicate that micro traders are more interested in transacting with non-bank financial institutions compared to Islamic financial institutions because non-bank financial institutions offer financing products with simple conditions, lack of public knowledge of interest and profit sharing, services provided by non-bank financial institutions make it easier customers in repaying loans and the administrative process offered by non-bank financial institutions is very simple, promotions carried out by the bank are less than optimal in this case PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan.

Keywords: Financing, Bank Financial Institutions, Non-Bank Financial Institutions

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi temuan peneliti di lapangan bahwa pedagang mikro lebih tertarik bertransaksi dengan lembaga keuangan non bank dibandingkan pada lembaga keuangan bank syariah, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa masyarakat pedagang mikro lebih tertarik bertransaksi dengan lembaga keuangan non bank dibandingkan pada lembaga keuangan bank syariah. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain yang berkaitan dengan judul peneliti yaitu pembiayaan, lembaga keuangan bank, lembaga keuangan non bank, dasar hukum perbankan syariah, kegiatan usaha bank syariah, pengertian pemasaran, tujuan pemasaran, marketing mix 4P ( product, price, place, promotion ). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif,  yaitu memahami fenomena apa yang dialami subjek penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek  pada penelitian ini adalah pedagang mikro di sekitar pasar sangkumpal bonang kota padangsidimpuan dan karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidmpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang mikro lebih tertarik bertransaksi dengan lembaga keuangan non bank dibandingkan dengan lembaga keuangan syariah kerena lembaga keuangan non bank menawarkan produk pembiayaan dengan syarat sederhana, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap bunga dan bagi hasil, pelayanan yang dilakukan lembaga keuangan non bank lebih mempermudah nasabahnya dalam pengembalian uang pinjaman dan proses administrasi yang ditawarkan oleh lembaga keuangan non bank sangat sederhana, promosi yang dilakukan oleh pihak bank kurang maksimal dalam hal ini PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan.

Kata Kunci: Pembiayaan, Lembaga Keuangan Bank, Lembaga Keuangan Non Bank


Keywords


Pembiayaan, Lembaga Keuangan Bank, Lembaga Keuangan Non Bank

Full Text:

PDF

References


Adiwarman A. Karim, Bank Islam Analisi Fiqih Dan Keuangan-Edisi Kelima, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Andri Soemitra, Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana, 2009.

Amirul Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Setia Jaya, 2005.

Arifinal Chaniago, Perkoperasian Indonesia , Bandung: Angkasa, 1984.

Berlian, D., Andri, A., & Apriana, A. (2023). Perbandingan Pemberian Kredit Antara Bank Konvensional Dan Pembiayaan Bank Syariah Kepada Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (Jpsi), 2(2), 62–72.

Cik basir, Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah Di Pengadilan Agama Dan Mahkamah Syar’iyah, Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Danyndra, D. D., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Tempat, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Dio Dea Telecell. Productivity, 2(6), 477–482.

David, N. A. A. P., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Implementasi Strategi Manajemen Pemasaran Bank Syariah Di Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Labatila: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(02), 143–162.

Heri Sudarsono, Bank & Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi Dan Ilustrasi, Yogyakarta: Ekonisa, 2008.

Irawan, D., Sugianto, S., & Siregar, S. (2022). Manajemen Pemasaran Bank Syariah Berbasis Tekhnology Revolusi Industry 4.0. Mes Management Journal, 1(1), 27–39.

Khikmatin, A., & Setianingsih, P. (2021). Analisis Peluang Dan Tantangan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Terhadap Lembaga Keuangan Konvensional Di Indonesia. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 49–62.

M. Nur Rianto Al Arif, Pengantar Ekonomi Syariah, Bandung: Pusataka Setia, 2015.

Nawangsasi, E., & Friantin, S. H. E. (2021). Peran Kinerja Pemasaran Yang Dipengaruhi Tingkat Penjualan Ditinjau Dari Aspek Produk Tempat, Harga, Promosi Pada Kinerja Pedagang Jajanan Pasar Desa Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Advance, 8(1), 31–41.

Ninik Widiyanti dan Y.W. Sunindhia, Koperasi Dan Perekonomian Indonesia, Jakarta: PT. Bina Aksara,1989.

Ompusunggu, D. P., Sutrisno, D. R. I., & Hukom, A. (2023). Konsistensi Dan Efektivitas Peran Lembaga Keuangan Non Bank (Koperasi Simpan Pinjam) Sebagai Penggerak Perekonomian Indonesia. Jurnal Cahaya Mandalika Issn 2721-4796 (Online), 4, 689–696.

Refilia, D. N., & Pahlawi, N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jmb), 4(1), 11–18.

Satria, M. R., & Setiani, T. (2018). Analisis Perbandingan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Pada Bank Konvensional Dengan Pembiayaan Murabahah (Kpr) Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Bjb Dengan Bank Bjb Syariah). Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 105–118.

Sri Dewi Angga Dini dan Adeh Ratna Komala, Akuntansi Syariah, Bandung: Rekayasa Sains, 2017.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2011.

Utama, A. S. (2021). Digitalisasi Produk Bank Konvensional Dan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosial, 6(2), 113–126.

Wibowo, M. H., & Ulum, F. (2023). Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Website Pada Primkoppabri Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(1), 22–27.

Wiwoho, J. (2014). Peran Lembaga Keuangan Bank Dan Lembaga Keuangan Bukan Bank Dalam Memberikan Distribusi Keadilan Bagi Masyarakat. Masalah-Masalah Hukum, 43(1), 87–97.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v5i1.11730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129