Faktor Penentu Minat Masyarakat Menyalurkan ZISWAF Via Mobile Banking
Abstract
Penelitian ini membahas rendahnya pemanfaatan fitur ZISWAF online oleh nasabah BSI, yang disebabkan kurangnya pengetahuan dan kepercayaan terhadap layanan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, kepercayaan, dan kemudahan terhadap minat masyarakat menyalurkan ZISWAF secara online melalui mobile banking. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil uji t pada taraf signifikansi 10% menjelaskan bahwa pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menyalurkan ZISWAF dan kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat menyalurkan ZISWAF, sedangkan kemudahan berpengaruh terhadap minat menyalurkan ZISWAF. Sedangkan pengetahuan, kepercayaan dan kemudahan berpengaruh terhadap minat masyarakat menyalurkan ZISWAF secara online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah Mundir dan Lilik Nurhayati. (2021). Pengaruh Layanan Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah di BRI Syari’ah KCP Malang Pandaan Kabupaten Pasuruan. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 12, No. 2.
Abdul Rachman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab. (2004). Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam). Kencana.
Agus Hermanto Dan Rohmi Yuhani'ah. (2023). Manajemen Ziswaf. CV. Literasi Nusantara Abadi
Ainun. (2024, Juni 27). Hasil Wawancara Nasabah BSI Kota Padangsidimpuan [Komunikasi pribadi].
Alawiyah. (2024, Juni 26). Hasil Wawancara Nasabah BSI Kota Padangsidimpuan [Komunikasi pribadi].
Alias Dan Serlin Serang. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Sikap Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal ilmu ekonomi, Vol.1, No.1.
Ana Musta’anah dan Imam Sopingi. (2019). Implementasi Zakat Produktif Hibah Modal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Miskin (Studi Pada Baznas Kota Mojokerto). ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, Vol ,6 No.1.
Annida. (2024, Mei 7). Hasil Wawancara Nasabah BSI Kota Padangsidimpuan [Komunikasi pribadi].
Burhan Bungin. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana.
Dameria Sinaga. (2019). Buku Ajar Statistik Dasar. Pusat Penerbit dan Percetakan UKI PRESS.
Devi Srikandi, Sarmiana Batubara, Nofinawati. (2022). Determinan Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Berbagai Ziswaf. JISFIM: Journal of Islamic Social Finance Management, Vol.3, No.1.
Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan . Bumi Aksara.
Dulmen, AN Hasibuan, Ali Hardana, Arti Damisa. (2021). Determinants Of Interest Using Quick Response Indonesian Standard (Qris). Journal Of Sharia Banking, Vol. 2, No.2.
Dwi. (2024, Juni 26). Hasil Wawancara Nasabah BSI Kota Padangsidimpuan [Komunikasi pribadi].
Elna Sriwanna, Ikhwanuddin Harahap, Windari, Ali Hardana. (2020). The Effect Of Knowlwdge On Voting Interest Products PT. Mandiri Sharia Bank Padangsidimpuan (Case Study To Guru Al-Azhar Bi’ibadillah Ujung Gading District Angkola Stem). Journal Of Sharia Banking, Vol. 1, No. 1.
Eva Indah, AN Hasibuan, Ali Hardana, Rahmat Annam. (2021). Determinants Of Costumer Loyalty. Journal Of Sharia Banking, Vol. 2, No. 1.
Fera Nurwidia Ningsi. (2022). Tata kelola dana Zakat, Infaq dan Sodaqoh pada BAZNAS Kabupaten Indramayu. ORGANIZE: Journal of Economics, Management, and Finance, Vol. 1, No.1.
I Gede Prayudi, I Putu Gde Sukaatmadja, Ni Nyoman Kerti Yasa, I. Gusti Ayu Ketut Giantari. (2022). A Studi: Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Kegunaan Untuk Membangun Kepercayaan Dan Niat Menggunakan Kembali Layanan Mobile Banking. Media Sains Indonesia.
Ika Purnama, Ferri Alfadri, Sarmiana, Nofinawati. (2021). Determinants Of community interest in batang toru district using cicil gold products at PT. bank sharia mandiri kcp batang toru. Journal Of Sharia Banking, Vol. 2, No. 2.
Ikatan Bankir Indonesia. (2015). Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah. Gramedia.
Ilmi. (2024, Juni 27). Hasil Wawancara Nasabah BSI Kota Padangsidimpuan [Komunikasi pribadi].
Isabela dan Muslihul Umam. (2020). Optimalisasi Fintech di sektor Filantropi islam untuk pengembangan ZISWAF. EKOSIANA: Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 7, No. 2.
Jeff Madura. (2007). Pengantar Bisnis. Salemba Empat.
Jogiyanto. (2017). Pengenalan Teknologi Informasi. Andi Offset.
Jogiyanto. (2019). Antologi Pustakawan. UMM Press.
Kahar Muzakkar, Nurizal Ismail, Solahudin Al-Ayyubi. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Fintech Peer to peer (P2P) Lending Syariah: Studi Kasus Masyarakat di Jabodetabek. Jurnal Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis Syariah, Vol. 6, No. 4.
M. Yarham Dan Yola Afifa. (2023). Dampak Penggunaan Qris Pada Pelaku UMKM Di Kota Padangsidimpuan (Studi Kasus Pada Coffe Shop Kopi Koe). Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah (JKUBS), Vol. 2, No. 2.
Marahombang Rambe, Abdul Nasser Hasibuan, Muhammad Wandisyah, Idris Saleh. (2020). The Effect Of Third Party Funds On Financing In PT. Victoria Sharia Bank. Journal Of Sharia Banking, Vol. 1, No.1.
Misbah, Budi Gautama Siregar,Muhammad Wandisyah R Hutagalung, samsuddin Muhammad. (2021). The Use Of Muamalat Facilities In Attracting Costumer Interest In PT. Bank MuamalatIndonesia TBK. KCP Payabungan. Journal Of Sharia Banking, Vol. 2, No.2.
Muammar Arafat Yusmad. (2018). Aspek Hukum Perbankan Syariah Dari Teori Ke Praktik. Deepublish.
Novia Dwi Safitri dan Sri Abidah Suryaningsih. (2021). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Lokasi, Dan Pelayanan Terhadap Minat Membayar Zakat. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, Vol. 4, No. 3.
Nurdin, Winda Nur Azizah, Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Perbankan dan Keuangan Syariah, Vol. 2, No. 2.
Rachmat Kriyantono. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media Group.
Rayhan Abdul Majid dan Anna Sardiana. (2023). Pengaruh Pendapatan, Kepercayaan, Dan Pengetahuan Terhadap Minat Membayar Zakat (Studi Pada Karyawan Di Kawasan Mega Kuningan). At-Tamwil : Islamic Economic and Finance Journal, Vol. 2, No. 2.
Rijal Allamah, Sri Sudiarti, Julfan Saputra. (2021). Peran Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf dalam memperdayakan Ekonomi Ummat. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 2, No.1.
Sarmiana Batubara, Windari, Duma Sari. (2022). The Influence Of Knowledge And Promotion On The Interest Of The People Of Payagoti Village, Portibi District Using Sharia Bank Products. Journal Of Sharia Banking, Vol. 3, No. 2.
Seftia Fadillah Siregar dan M. Yarham. (2023). Penerapan Pengelolaan Mobile Banking dalam menarik minat nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. JPS: Jurnal Perbankan Syariah, Vol. 2, No. 2.
Sidik Priadana dan Denok Sunarsi,. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif’. Pascal Books.
Siti Zubaidah Dan Sri Yayu Ninglasari. (2020). Analisis Bibliometrik perkembangan penelitian Manajemen Risiko pengelolaan Wakaf Produktif. AL-AWQAF: Jurnal wakaf dan Ekonomi Islam, Vol 13, No.2.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Ed.2, Cet.1. PT Alfabeta.
Suhayla. (2024, Mei 7). Hasil Wawancara Nasabah BSI Kota Padangsidimpuan [Komunikasi pribadi].
V. Wiratna Sujarweni. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Verdi Yasin, Muhammad Zarlis, Mahyuddin K.M. Nasution. (2018). Filsafat Logika dan Ontologi Ilmu Komputer. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, Vol. 2, No. 2.
Wiwik Sulistiyowati. (2018). Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya. UMSIDA Press.
DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v6i1.16123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani
Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.
jisfimcontact@gmail.com
jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129