Pengaruh Zakat Perbankan dan Corporate Social Responsibility terhadap Rasio Profitabilitas Bank Umum Syariah

Indah Nur Ainun (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)
Nofinawati N (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)
Windari W (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


ABSTRACT

Based on data obtained from Islamic Commercial Banks in Indonesia as many as 9 banks the percentage of Banking Zakat, Corporate Social Responsibility and Return On Assets fluctuated, but the increase that occurred in Banking Zakat and Corporate Social Responsibility was not always followed by an increase in Return On Assets. This study aims to determine the effect of banking zakat and corporate social responsibility on the profitability ratios of Islamic Commercial Banks in Indonesia 2013-2018 either partially or simultaneously. This research is a quantitative research, the data source comes from secondary data in the form of pooled data. The results showed that partially banking zakat had a significant effect on return on assets of Islamic Commercial Banks in Indonesia, partially corporate social responsibility had no significant effect on return on assets of Islamic Commercial Banks in Indonesia. Meanwhile, simultaneously banking zakat and corporate social responsibility have a significant influence on the return on assets of Islamic Commercial Banks in Indonesia.

 

Keywords : Banking Zakat, Corporate Social Responsibility, Return On Asset

 

ABSTRAK

 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bank Umum Syariah di Indonesia sebanyak 9 bank persentase Zakat Perbankan, Corporate Social Responsibility dan Return On Asset mengalami fluktuasi, namun kenaikan yang terjadi pada Zakat Perbankan dan  Corporate Social Responsibility tidak selalu diikuti dengan kenaikan Return On Asset. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zakat perbankan dan corporate social responsibility terhadap rasio profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia 2013-2018 baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sumber data berasal dari data sekunder dengan bentuk pooled data. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial zakat perbankan berpengaruh signifikan terhadap return on asset Bank Umum Syariah di Indonesia, corporate social responsibility secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return on asset Bank Umum Syariah di Indonesia.  Sedangkan secara simultan zakat perbankan dan corporate social responsibility memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on asset Bank Umum Syariah di Indonesia.

 

Kata Kunci   : Zakat Perbankan, Corporate Social Responsibility, Return On Asset


Full Text:

PDF

References


Abdillah, Ardhi. (2015). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. 25(2), 7.

Batubara, Damri. (2020). Pemahaman, Pelaksanaan Zakat Hasil Sawit Oleh Para Petani Di Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan. 6(1), 17.

Bungin, Bungin. (2001). Metode Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif. Airlangga University Press.

Fahmi, Irham. (2015). Analisis Laoran Keuangan. Alfabeta.

Hafidhuddin, Didin. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Gema Insani Press.

Hafidhuddin, Didin. (2007). Agar Harta Bertambah Berkah. Gema Insani Press.

Hamdani. (2016). Good Corporate Governance. Mitra Wacana Media.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. CAPS.

Ikapi, Anggota. (2008). Undang-Undang Perbankan Syariah dan Surat Berharga Syariah Negara. Fokus Media.

Jumingan. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Bumi Aksara.

Kasmir. (2008). Manajemen Perbankan. Rajawali.

Kuncoro, Mudrajat. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga.

Nizamullah. (n.d.). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di. Jurnal Akuntansi, 12.

Nizar, Ahmad. (2016). Metode Penelitian. CiptaPustaka Media.

Siregar, Budi Gautama. (2015). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pandangan Islam. 14.

Siregar, Budi Gautama. (2018). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (Ekonomi, Lingkungan dan Sosial) Terhadap Earning Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur Dalam Issi 2012-2016. 4.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.

Sumitra, Andri. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Kencana.

Untung, Hendrik Budi. (2009). Corporate Social Responsibility. Sinar Grafika.

Wasilah, & Sri, Nurhayati. (2011). Akuntansi Syariah di Indonesia: Edisi 2 Revisi. Salemba Empat.

Widyastuti, Cindy. (2017). Pengaruh Alokasi Dana Zakat Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Return On Asset Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2012-2016. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v2i2.5018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129