PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah kuantitatif melalui tes sebagai pengumpulan data dimana bentuk tes berupa pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang sudah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII-8 di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen dari 61.5 menjadi 83.46. Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung>ttabel yaitu 5.7> 1.677 dengan taraf signifikan 0,05.
Keywords : Pendidikan Agama Islam; Student Team Achievement Division; Hasil Belajar
- Asri Budi ningsih, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
- Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2012.
- Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Media, 2012.
- Mulyani, ‘‘Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar’’, Jurnal Pendidikan Profesional, Volume 4, No. 3 Desember 2015.
- Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2013.
- Supriyadi, Syamsul Bahri, Amiruddin Kade, ‘‘Pengaruh Mode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMK N 6 Palu Tahun Ahjaran 2016/2019,” Jurnal Magistra, Volume 5, no. 2 Juli 2018.
- Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar,Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
- S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.