IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA PADA KURIKULUM DARURAT COVID-19

Umniyatul Azizah* -  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Acep Heris Hermawan -  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Mohamad Erihadiana -  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 ini, tentulah semua orang termasukpendidik memikirkan cara agar bisa beraktivitas seperti biasa, mengajar dan tetapterkoneksi dengan pserta didik, dengan menggunakan internet, pembelajaran jarakjauhpun harus dilakukan menggunakan teori belajar seperti teori belajar AlbertBandura, untuk itu untuk memunculkan berbagai jenis pembelajaran menggunakanjaringan internet dengan aksebilitas, konektivitas dan fleksibelitas. Penelitian inibertujuan untuk mengkaji komponen kompetensi prioritas yang mana dirasa pentingdan bagaimana hubungan antar komponen tersebut. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian 32 orang (17Laki-laki dan 15 Perempuan). Instrumen yang digunakan ialah daftar cek dan matrikpertanyaan triangulasi. Penelitan ini menyimpulkan bahwa kompetensi ScienceTechnology Engineering and Math (STEM), produk dan karakter yang bervariasidan hubungan STEM dan karakter lebih kuat daripada komponen produk.

Keywords : eori Belajar Sosial; Albert Bandura; Covid-19.

  1. Almanthari, A. M., & Bruce, S. 2020. “Scondary School Mathematics Teacher ‘View on
  2. Elearning Implementation Barriers during the COVID-19. (Pandemic : The Case of
  3. Indonesia).’” 2: 40.
  4. Covid-, Pandemi, and Monika Sri Yuliarti. 2020. “Interaksi Sosial Dalam Masa Krisis :
  5. Berkomunikasi Online Selama.” : 15–20.
  6. Farida, I.R. 2020. “Pembelajaran Kimia Sistem Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi
  7. Generasi Z.” 1: 11. https://core.ac.uk./download/pdf/327164522.pdf.
  8. Fithri, R. 2014. “Buku Perkuliahan Psikologi Belajar.” 1: 157.
  9. Jumaeda, S. 2018. “Implementasi Standar Penelitian Dalam Pembelajaran PAI Pada
  10. Kurikulum 2013.” 3 No.1: 63.
  11. Psikologi, Prodi. “PSIKOLOGI BELAJAR.”
  12. Tarsono, Tarsono. 2018. “Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari
  13. Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling.” Psympathic : Jurnal Ilmiah
  14. Psikologi 3(1): 29–36.
  15. Yayasan, Penerbit, and Kita Menulis. 2020. “Pandemik COVID-19 : Persoalan Dan
  16. Refleksi Di Indonesia.” : 1–15.
  17. Yunus, N.R., & Rezki, A. 2020. “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi
  18. Penyebaran Corona Virus (Covid-19).” 7: 3.

Open Access Copyright (c) 2021 Umniyatul Azizah, Acep Heris Hermawan, Mohamad Erihadiana
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats