MODEL PEMBERIAN HUKUMAN TERHADAP PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-AHLIYAH AL-ISLAMIYAH
Abtrak
This article aims to find out how the model of giving punishment to students at Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak uses qualitative research methods using descriptive analysis. This research was conducted using interviews and observations of the principal, teachers, and pickets. This research is carried out first looking for data from informant sources to be managed, classified, analyzed and given improvements and conclusions to the results of data that have been collected and analyzed based on relevant previous research concepts. The results of the study show that every violation committed by students must be given educational punishments such as reading the Koran, memorizing the Koran outside class hours. This model of punishment can improve students' understanding of the Koran and ultimately students are able to continue to integrate with the Koran. Suggestions are given to all madrasah managers to apply an educational model of punishment.
Keywords: punishment model; students; madrasah.
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pemberian hukuman terhadap peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis yang bersifat deskrptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi terhadap kepala madrasah, guru, dan piket. Penelotian ini dilakukan terlebih dahulu mencari data dari sumber informan untuk dikelola diklasifikasi, dianalisis serta diberikan penyempurnaan dan kesimpulan terhadap hasil-hasil data yang telah dikumpulkan dan dianalisis berdasarkan konsep penelitian terdahulu yang relepan. Hasil penelitian menjukkan bahwa setiap pelanggaran yang dilakukan oleh siswa harus diberikan hukuman yang mendidik seperti membaca Alquran, menghafal Alquran di luar jam pelajaran. Model hukuman seperti ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap Alquran dan akhirnya siswa mampu terus berintegrasi dengan Alquran. Saran-saran yang diberikan kepada semua pengelola madarasah untuk menerapkan model hukuman yang sifatnya mendidik.
Kata kunci: model hukuman; peserta didik; madrasah
Keywords : punishment model; students; madrasah.
Hendra Wicaksono, T. (2012). Perilaku Mengganggu Di Kelas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, VIII(15), 115–130.
Pendidikan, M., Pengetahuan, I., Stkip, S., & Tulungagung, P. (n.d.). FENOMENA KENAKALAN PESERTA DIDIK Rizki Brida Amalia, Hari Subiyantoro 1 , Nafik Umurul Hadi 2.
Prasasti, S. (2017). Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 28–45. prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/download/110/109
Saihu. (2020). Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 99–112.
Sejarah, P., & Perkembangannya, D. A. N. (n.d.). Kata Kunci: sejarah; madrasah; indonesia. 12(1), 93–108.
Siddik, H., & Umrah, S. (2017). Implementasi Konsep Etika: Relasi Guru Dan Siswa Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Di Pondok Pesantren Roudlotul Khuffadz. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 6–11. https://doi.org/10.32489/alfikr.v3i2.42
Suhelli. (2013). Strategi Guru dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Tematik pada MIN di Kota Banda Aceh. Journal of Education, 53(9), 91.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.