PENERAPAN AKHLAK TERPUJI DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Abstract
The presence of this article aims to determine the application of commendable morals in the school environment. Through this article, it will be known about the development of commendable morals in schools. This research method is a literature study by browsing books on the application of commendable morals in the school environment, both for students and even at the level of educators. The analysis used is descriptive analysis. The results of the study show that by habituation of morals, it is commendable to everyone, both students and teachers. Teachers as educators have appeared with role models or examples for their students. There is sensitivity by all parties in improving commendable morals both at school and outside school. As a researcher in this study, it is for all of us to research what are the factors that can apply the application of commendable morals at school and outside of school.
Keywords: application; morals; commendable; school.
Abstrak
Kehadiran artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akhlak terpuji di lingkungan sekolah. Melalui artikel ini akan diketahui tentang pembinaan akhlak terpuji di sekolah. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dengan menelusuri buku-buku tentang penerapan akhlak terpuji di lingkungan sekolah baik itu bagi peserta didik dan bahkan pada tingkat pendidik. Analisis yang digunakan adalah analisis deskripsi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan pembiasaan akhlak terpuji pada setiap orang baik siswa maupun guru. Guru sebagai tenaga pendidik telah tampil dengan sosok tauladan atau contoh bagi siswanya. Adanya kepkaan oleh semua pihak dalam penguatan akhlak terpuji baik di sekolah maupun di luar sekolah. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah bagi seluruh peneliti sudah seharusnya meneliti tentang apa saja faktor-faktor yang dapat menghalangi penerapan akhlak terpuji di sekolah maupun di luar sekolah.
Kata kunci: penerapan; akhlak; terpuji; sekolah.
Keywords : application; morals; commendable; school.
Halik/Saira, A. (2018). Jurnal Peran Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlakul Karimah. Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2), Article 2. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/452
Jurnal Online UIN Raden Fatah Palembang. (n.d.). Retrieved April 5, 2022, from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/3602
PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM | Bafadhol | Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. (n.d.). Retrieved April 18, 2022, from http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/178
Rahman, R. (2017, June 19). Pembinaan Akhlak Pemuda di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2a Kota Banjarmasin. Tarbiyah dan Keguruan. https://idr.uin-antasari.ac.id/7978/
Syam, N. (2018). KONSTRUBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA SMA NEGERI 1 PALOPO. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(2), 153–162. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.501
Wani, M. (2019). Pemuda Dalam Al-Qur’an Dan As-Sunnah: Pemuda Islam Yang Berkualitas Tidak Lepas Dari Pendidikan Orang Tua Yang Totalitas. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur’an Dan al-Hadits, 13(1), 71–94. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v13i1.2077
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.