Types and Factors of Student Difficulty Solving Algebra Problems Based on Polya Stages
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdsarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128
Akollo, S. S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Untuk Soal Akm [Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/31091
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (3rd ed.). Bumi Aksara.
Asri, A., Kurniati, N., Triutami, T. W., & Turmuzi, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Masbagik Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 742–751. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1305
Cabahug, I., Osias, N. C., Ongcachuy, B. L., & Corpuz, G. G. (2024). 21st Century Skills and Teachers’ Performance: Basis for Instructional Development Plan. American Journal of Arts and Human Science, 3(2). https://doi.org/10.54536/ajahs.v3i2.2860
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 151–160. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21635
Citra, M., Putra, R. W. Y., & Risqa JL, A. (2022). Cara Pintar Belajar Aljabar dan PLSV. UIN Raden Intan Lampung.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Fadilah, S. N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematis Siswa Berdasarkan Teori Cooney [Universitas Nusantara PGRI Kediri]. https://repository.unpkediri.ac.id/17024/
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelsaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53–64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550
Hasanah, S., Wahyuni, R., & Novianti, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Video Pembelajaran. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(1), 86–96. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.63
Idris, I., & Silalahi, D. K. (2016). Application of Realistic Mathematics Education (PMR) Approach to Improve Story Problem Solving Ability for Class VII A SMP UTY. Jurnal EduMatSains, 1(1), 73–82. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v1i1.71
Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68–83. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.12200
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287
Kairuddin, & Sinaga, W. A. B. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Journal on Education, 06(01), 5644–5654. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3713
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 701–707. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/360
Ma’ruf, A. H., Triyono, A., & Ismail, M. R. (2023). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability in Trigonometry Material Using the Flipped Classroom Model. Journal of Instructional Mathematics, 4(2), 106–118. https://doi.org/10.37640/jim.v4i2.1896
Ma’ruf, A. H., Triyono, A., & Wibowo, T. (2024). The Effectiveness of The RME Method To Improve Students Understanding of The Concept of A Square. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 6(2), 217. https://doi.org/10.37058/jarme.v6i2.11253
Madilla, P. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tegaldlimo dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Balok Berdasarkan Teori Cooney [Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Jember]. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/108356
Mahardhikawati, E., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 1(4). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1420565
Manggarrani, A., Marhaeni, N. H., & Triyono, A. (2024). Design of Realistic Mathematics Education Based Student Worksheets to Improve Students ’ Mathematical Problem- Solving Skills. EDUTREND: Journal of Emerging Issues and Trends in Education, 1(2), 121–128. https://doi.org/10.59110/edutrend.340
Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–25. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189
Meika, I., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. Educational Researcher, 13(5), 20–30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020
Nasution, M. D., Irvan, & Ramadhan, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPIT Miftahul Jannah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 260–268.
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.875
Polya, G. (2014). How to solve it: A New Aspect of Mathematical Method (Vol. 34) (34th ed.). Princeton University Press, Princeton.
Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153
Runtukahu, J. T., & Kandou, S. (2016). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar (1st ed.). Ar-Ruzz Media. https://inlislite.payakumbuhkota.go.id/opac/detail-opac?id=2757
Sarigoz, O. (2024). 21st Century Skills and Values Eduction. In I. Celik & S. Sonmez (Eds.), Holistic View of Educational Sciences (p. 6). BIDGE Publications. https://hdl.handle.net/20.500.12483/7230
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Application of Expository Learning Strategies to Achieve Mathematics Learning Objectives. Himpunan: Scientific Journal of Mathematics Education Students, 1(1), 33–40. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155
Triyono, A., & Murdiasih, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Solving. BASICA: Journal of Primary Education, 3(1), 51–64. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3667
Trizulfanto, Anggraeni, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. UNION:Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 473–484. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1229
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayanti, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Vitaloka, W. P., Habibi, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial berdasarkan prosedur Newman. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 152–164. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2294
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v12i2.13397
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ageng Triyono, Arie Purwa Kusuma, Imas N Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com