Application of Lesson Study on Circle Material to Improve the Quality of Mathematics Instruction in Grade XI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, F. (2024). Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.51213/jmm.v3i1.46
Andhika, M. R., & Wahyuni, C. N. (2020). Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di MIN 8 Aceh Barat. Jurnal Eduscience, 7(1), 28–33. https://doi.org/10.36987/jes.v7i1.1771
Azizah, D. (2013). Penerapan Pendekatan Struktural MetodeThink Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 188–193.
Burhanuddin, B., Muntari, M., Loka, I. N., Sofia, B. F. D., & Al Idrus, S. W. (2023). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Lesson Study. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i1.2288
Eriyanti, E. (2019). Penerapan Model Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Profesional Kinerja Guru Mata Pelajaran MIPA di SMPN 3 Muara Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 37–53. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.126
Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEA ). FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang Usiyusrotin@gmail.Com, 1, 239–247.
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 597–602.
Hamid, A., & Muadin, A. (2024). Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Balikpapan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 77–83. https://doi.org/10.19109/elidare.v10i1.21954
Harahap, N. F., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Basicedu, 7(1), 612–620. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4662
Juano, A., Ntelok, Z. R. E., & Jediut, M. (2019). Lesson Study sebagai Inovasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 126–136.
Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2809–2818.
Nurnaningsih, A., Norrahman, R. A., Muhammadong, & Wibowo, T. S. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 221–235. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Priyanti, N. M. I., & Nurhayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 96–101.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Salsabilah, A. S., Athallah, M. D., & Siregar, L. N. K. (2024). Implementasi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Di SDIT Khairur Rahman. Jugi: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 36–48. https://ejurnal.razaqcenter.com/index.php/jugi/index
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Sari, A. A. I. (2016). Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penemuan Terbimbing Setting TPS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 373–382.
Sartika, I. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pendekatan Matematika Realitik di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1151
Siregar, S. U., Nazliah, R., Hasibuan, R., Julyanti, E., Siregar, M., & Junita. (2021). Manajemen Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada SMA Labuhanbatu. Jurnal Education and Development, 9(2), 285–290.
Subroto, D. E. (2023). Pembinaan dan Pengembangan Guru. Inovasi Pendidikan, 15.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Tadanugi, F. A. (2015). Efektivitas Lesson Study dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal KIP, 4(2), 887–894.
Wardani, I., Suparni, S., & Tugiman, T. (2023). Penerapan Lesson Study dalam Pengenalan Lapangan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 102–111. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.13794
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Biologi, June, 1–17.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v12i2.13887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Defahayu As Syaura Al Hawari, Suparni Suparni, Retnaningsih Retnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com