Analysis of Students' Mathematical Literacy Skills in Solving Word Problems on Probability Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir. (2018). Makalah disampaikan dalam Seminar Pendidikan Matematika “Menanamkan Pendidikan Karakter (Akhlaqul Karimah) dan Kesadaran Literasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika” oleh Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumenep.
Genc, M., Erbas, A. K., Mathematics, A. K. S., & Conceptions, T. (2019). Secondary Mathematics Teachers ’Conceptions of Mathematical Literacy To cite this article: Secondary Mathematics Teachers ’Conceptions of Mathematical Literacy
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Pisa Konten Shape And Space. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 185-194. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3
Kartadinata, S. (2011). Bimbingandan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press.
Khasanah, U. S., Murtiyasa, B., Sumardi, Yati, Y., & Aminuriyah, S. (2023). Pembelajaran Kontekstual untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Statistika Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Siti. Jurnal Basicedu, 7(1), 583–592.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588-595
Mangelep,N.O., & Kaunang, D. F.(2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assessment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455–466. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.157
Masjaya & Wardono. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematikadalam Meningkatkan SDM. Prisma,1(1). 568-574
Muzaki, A., Yaya S. K., & Jozua S. (2017). Learning with Abductive-Pictorial Strategy for Improving Mathematical Proofing Ability of Prosfective Mathematics Teacher. IJSASCS. Vol. 7. 2017
Muzaki, A. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502.
OECD. (2009). Learning Mathematics for Life: A Perspective from PISA. Paris: OECD Publishing.
Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. DOI:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T.(2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. DOI:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383
Sari, R.H.N. (2015). Literasi Matematis: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33-42.
Suwarto,S.(2018). Konsep Operasi Bilangan Pecahan melalui Garis Bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 327–336. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.73
Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: KemenDikNas dan PPPPTK.
Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 27-38.
Zahroh, H., Hafidah, Dhofir, & Zayyadi, M. (2020). Gerakan literasi matematika dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa. Delta-Pi: Juranl Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 165–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10 .33387/dpi.v9i2.2293.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v13i1.14772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurina Kurniasari Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com