Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
(1) Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
(2) Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
(3) Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhsinudin. (2009). Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem-Based Instruction (PBI) di Kelas X.A SMA Negeri 7 Sarolangun. Padang: UNP.
Arends, R. I. (2008). Learning To Teach (Belajar untuk Mengajar) (Ketujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Armiati. (2011). Pengaruh kemampuan bernalar Matematika Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Model Pembelajaran Pemecahan SAVI. UMNES.
Depdiknas. (2004). Standar kompetensi dan kompetensi dasar. Jakarta: Depdiknas.
Harmizul. (2009). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Pekanbaru dengan Pendekatan Investigasi (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 15 Pekanbaru). Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP Padang.
Mahmudi, R. (2009). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Siswa Kelas VII 1 SMP Negeri 5 Batu sangkar. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP Padang.
Munawaroh, L., Sampoerno, P. D., & Yurniwati, Y. (2018). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Nasution, E. Y. P., & Lubis, F. H. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Algebrator. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2).
NCTM. (2000). Priciples and Standards for Schools Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.
Paul Eggen, D. K. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran (Keenam). Jakarta: Indeks.
Risnawati, R. (2011). Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 101–119.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA UPI.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Eline Yanti Putri Nasution, Rilla Gina Gunawan, Putri Yulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com








