Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhsinudin. (2009). Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem-Based Instruction (PBI) di Kelas X.A SMA Negeri 7 Sarolangun. Padang: UNP.
Arends, R. I. (2008). Learning To Teach (Belajar untuk Mengajar) (Ketujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Armiati. (2011). Pengaruh kemampuan bernalar Matematika Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Model Pembelajaran Pemecahan SAVI. UMNES.
Depdiknas. (2004). Standar kompetensi dan kompetensi dasar. Jakarta: Depdiknas.
Harmizul. (2009). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Pekanbaru dengan Pendekatan Investigasi (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 15 Pekanbaru). Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP Padang.
Mahmudi, R. (2009). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Siswa Kelas VII 1 SMP Negeri 5 Batu sangkar. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP Padang.
Munawaroh, L., Sampoerno, P. D., & Yurniwati, Y. (2018). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Nasution, E. Y. P., & Lubis, F. H. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Algebrator. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2).
NCTM. (2000). Priciples and Standards for Schools Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.
Paul Eggen, D. K. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran (Keenam). Jakarta: Indeks.
Risnawati, R. (2011). Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 101–119.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA UPI.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Eline Yanti Putri Nasution, Rilla Gina Gunawan, Putri Yulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com