Penerapan Pembelajaran Jigsaw dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kombinatorik Mahasiswa Teknik Industri
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. In Prenadamedia Group.
Ammamiarihta, A., Syahputra, E., & Surya, E. (2017). Development of Learning Devices Oriented Problem Based Learning to Increase Student’s Combinatorial Thinking in Mathematical Problem Solving Ability. https://doi.org/10.2991/aisteel-17.2017.71
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. American Educational Research Associations Division Measurement and Research Methodology.
Juanda. (2012). Efektivitas Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajardsan Penguasaan Konsep Ekosistem Pada Mata Kuliah IPA di SMP. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nasution, E. Y. P. (2016). Analisis Terhadap Disposisi Matematis Siswa SMK pada Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 4(01),77-95.
Nasution, E. Y. P., & Lubis, F. H. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif TIPE JIGSAW Berbasis Algebrator. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i2.1981
Septory, B. J., Dafik, & Tirta, I. M. (2019). The analysis of students’ combinatorial thinking skills in solving r-dynamic vertex coloring under the implementation of problem based learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012084
Shulhany, A. (2016). Daya Kombinatorial Siswa pada Materi Peluang dengan Model Penemuan Terbimbing. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills. In Curup Annual Conference on Math (CACM) (Vol. 1, No. 1, pp. 21-26).
Syamsuddin dan Damayanti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syarifuddin, A. (2011). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 16(02), 209-226.
Permari, W. (2013). Perbandingan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw II Think Pair Share Terhadap Penguasaan Konsep Sisa Pada Materi Sekresi. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Widiyastuti, E., & Utami, S. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kombinatorik Matematis Siswa. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 3(1).
Zunaiedy, D. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Koperatif Tipe NHT melalui Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Kombinatorik Matematis dan aktivitas Belajar Siswa SMK PAB 1 Helvetia (Doctoral dissertation, UNIMED).
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hanifatul Rahmi, Adelia Alfama Zamista
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com