Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Self-Confidence Siswa SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminarti, D., Bistari, & Nursangaji, A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Adversity Quotient Pada Materi Bangun Datar di SMP.
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1-10.
Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan Antara Self-Confidence Terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 7, No. 2 : 189-198.
Lauster, P. (1990). Personality test Alih Bahasa D. H. Gulo. Jakarta: Bumi Aksara.
Mairing, J. P. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: ALFABETA.
Malik Akbar, G. A., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education, Vol 1, No. 1: 14-21.
Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika: Teori dan Contoh Praktik. NTB: Duta Pustaka Ilmu.
Nurkhalipah, R., & Ramlah. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Tahapan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 335-344.
Polya, G. (1973). How to Solve It (A New Aspect Of Mathematical Method). United States Of America: Princeton University Press.
Puspendik. (2016). Hasil TIMSS Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.
Rahmawati, N. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII MTs Sunan Ampel Pare Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Tulungagung: Instritus Agama Islam Negeri Tulungagung.
Salamah, F. N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Cendekiawan: Jurnal Pendidikan Matematika, 28-33.
Sari, L. N. (2020). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Di MIN 2 Padangsidimpuan. Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 41-54.
Sari, N., & Rangkuti, A. N. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Fungsi di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Junaidiyah Kampung Lamo Kabupaten Mandailing Natal. Logaritma Vol. 5, No.02 , 1-14.
Siregar, T. J. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 177-188.
TIMSS. (2015). TIMSS 2015 International Results In Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.2884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rita Nurkhalipah, Ramlah Ramlah, Attin Warmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com