The Development of PISA Type Evaluation Instruments with Ethnothematic Characteristics of Kudus Local Islamic Culture
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fakhriyana, Dina, Mardiyana, dan Dyah Ratri Aryuna. (2018).Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment (PISA).Jurnal Pendidikan Matematika dan MatematikaVol 2 (6)425-427.
Fityana,Isna Nur, Sarwanto, dan Sugiarto. (2017).Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pada Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Untuk Siswa SMP / MTs Kelas VII. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF)Vol 7 (2) 25.
Hewi, La. dan Muh Shaleh. (2018). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assessment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Vol 4 (1) 35.
Irawan, Ari, dan Gita Kencanawaty. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of MedivesVol 1 (2) 79.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., dan Putri, R. (2020).Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan SainsVol 2 (2)247-250.
Marbun, S. M., Th, S., & PdK, M. (2018). Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Masamah, Ulfa.(2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Vol 1 (2) 130.
Ndiung, Sabina, dan Mariana Jediut. (2020).Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan PembelajaranVol 10 (1) 105.
Nurafni,Atika, Heni Pujiastuti, dan Anwar Mutaqin. (2020).Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran SemarangVol 4 (1) 76.
Pratiwi, Anggi Aprilia Mohammad Mahfud Effendi, dan Siti Khoiruli Ummah. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Matematika Tipe PISA Berkarakteristik Kebudayaan Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 6 (1)40-41.
Purnomo,Puji, dan Maria Sekar Palupi. (2016).Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD)Vol 20 (2) 155.
Puspasari,Ratih. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie.Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran SemarangVol 3 (1) 143.
Ratna, Elis. (2014).Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Richardo, Rino. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)Vol 3 (1) 88.
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018).Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RaflesiaVol 3 (2) 126.
Sulistiyono, Mundilarto, dan Heru Kuswanto. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Kerja Laboratorium Fisika Untuk Mengukur Sikap Dan Tanggung Jawab Siswa.Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF)Vol 9 (1) 48.
Wahyuni, Astri, Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia yang Lebih Baik. Prosiding pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v10i2.5482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mulyani Putri Wulandari, Arghob Khofya Haqiqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com