Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abadi,I Wayan Kasub, “Model Pembelajaran”, http://guru-kbm.blogspot.com/2008/05/model-pembelajaran.html?m=1 (dilihat 12 Juli 2021). Ahmadi, Abu & Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2015. Annurwanda, Pradipta & Rizki Nurhana Friantini, “Efektivitas Penerapan Metode Round Table Dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal”,Riemann (Research of Mathematcs and Mathematics Education), Volume 1, No. 1, Oktober 2019. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Cet. 15,Jakarta: Rineka Cipta, 2014. Arsa, I Putu Suka, Belajar dan Pembelajaran: Stategi Belajar yang menyenangkan, Yogyakarta : Media Akademi, 2015. Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2016. Daryanto, Evaluasi Pembelajaran, Cet. 8 Jakarta: Rineka Cipta, 2014. Depdiknas.Permendiknas No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Isi., Jakarta : Depdiknas.2016. Farida, Ida, Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017. Harahap, Adelina, Guru Kelas X MIA, Wawancara di SMA Negeri 2 Padang Bolak, pada Rabu, 3 Februari 2021, pukul 10.30 WIB. Harahap, Bidara Amelia, dkk,, Siswa Kelas X MIA, Wawancara di SMA Negeri 2 Padang Bolak, pada Rabu, 3 Februari 2021, pukul 11.00 WIB. Huda, Miftahul, Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan , Cet. XI, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2016. Isjoni, Coopeative Learning, Bandung : Alfabeta, 2014 . Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan : Media Persada, 2012. Iswanti, Nina, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Smpn 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017)”, Skripsi: Universitas Lampung, 2017. Kadir,Abdul,“Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar”, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8, No. 2, Juli 2015. Lie, Anita, Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta : PT Grasindo, 2014. Mahanurani, Idawati Toto’ Bara Setiawan, dan Ervin Oktavianingtyas “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII SMP Negeri 2 Pasirian Tahun Ajaran 2015/2016”, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (Kadikma), Vol.7, No.1, April 2016. Manullang, Martua, “Manajemen Pembelajaran Matematika”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 21, No. 2, 2014 Mariam, Siti, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Jenjang Analisis dan Sintesis”, Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah, 2011. Muhidin,Sambas Ali,Analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur Dalam Penelitian,Bandung: Pusaka Setia, 2007. Noviasari, Fifi, “Penerapan Model Kooperatif Teknik Round Table untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Punggur Tahun Ajaran 2016/2017”, Skripsi (Bandar Lampung : Universitas Lampung, 2017. Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, dan Meidawati Suswandari, “Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV” Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.3 Agustus 2020. Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009 . Rangkuti, Ahmad Nizar, Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Dan Penelitian Pengembangan Bandung : Citapustaka Media, 2016. Rangkuti, Ahmad Nizar, Statistik untuk Penelitian Pendidikan Medan: Perdana Publishing, 2015. Rosdiana Meliana Situmorang, Muhibbuddin, Khairil, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia”, Jurnal EduBio Tropika, Vol. 3, No. 2, Oktober 2015. Sinaga, Bornok, dkk., Matematika, Jakarta : Kemendikbud, 2017. Slaving, Robert E,. Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik, Terjemahan oleh Narulita Yusron, Bandung : Nusa Media, 2005. Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 1987. Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, R & D), Bandung: Alfabeta, 2010. Sunandito, Billy, “Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika”, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 1, 2017. Suprojono, Agus, Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PIAKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2010. Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Konsep Dasar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014. Syafaruddin, Asrul, dan Mesiono, Inovasi Pendidikan : Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Medan : Perdana Publishing, 2012. Syaiful Sagala, Konsep Dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2017. Syamsu Yusuf L.N dan Nani M.Sugandhi, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rajawali Pers, 2004. Syarifah, Lely Lailatutus, “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika, Vol. 10, No. 2, 2017. Yustati, “Penerapan Metode Pembelajaran Round Table Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, Vol. 3, No. 1, 2017.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v9i02.6038
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eka Anjarwati, Suparni Suparni, Rahma Hayati Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com