Ethnomathematics Exploration in the Process of Making Traditional Lemang Food as a Cultural Custom of Kerinci
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almu N, Romadoni. (2017). Aspek-aspek Etnomatika Pada Budaya Masyarakat Banjar Dan Penggunaan Aspek-Aspek Tersebut Untuk Pengembangan Paket Pembelajaran Matematika. Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Andriyani. (2017). Etnomatematika: Model Baru dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang
Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684.
D'Ambrosio, U. (2001). Ethnomathematics and Mathematics Education. the 10th International Congress of Mathematics Education Copenhagen. Copenhagen: Universita` di Pisa.
Dwidayati, Nurkaromah. (2018). Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 516-521.
Francois, K, & Kerkhove, B. (2010). Ethnomathematics and the Philosophy of Mathematics (Education). College Publication, London. Texts in Philosophy, 11: 121-154.
Harahap, S. Y., Khairani, M., & Masitoh, S. (2019). Logika (Vlog Matematika): Solusi dalam Menciptakan Generasi Cerdas dan Berbudaya. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 46–59.
Jumri, R. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan ( MannaBengkulu Selatan). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4(2): 86–92.
Latif, Y. (2020). Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Jakarta : Gramedia.
Muhtadi, Dedi & Sukirwan, Warsito, Rully C. I. P. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185-198.
Mutiara, J. R., & Fridayati, L. (2022). Studi Tentang Lemang Kancung Beruk di Desa Dusun Baru Lempur Kabupaten Kerinci.
Prasetyo, S., Mastur, Z., & Asikin, M. (2019). Potensi Etnomatematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 277–286.
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pen didikan Realistik Matematika dalam Me ningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kumpulan Makalah Seminar Semirata 2013. 225- 238. https://jurnal.fmipa.unila.ac.id
Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Almaata.Ac.Id, 7(2), 118–125.
Rusdiansyah. 2020. Pendidikan Budaya di Sekolah dan Komunitas/Masyarakat. Journal of Islamic, 3(1), 45-48.
Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings of The International Conference on University Community Engagement, 715–726.
Sukardi, (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara.
Syaripah, S. (2021). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Menjadikan Laboratorium Matematika yang Inovatif Di IAIN Curup. Logar
itma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 9(01), 33-52.
Ulum, B. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 4(2): 686.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252.
Wulandari, I., & Puspadewi, K. R. (2016). Budaya Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 31–37. https://www.neliti.com/publications/129201/budaya-dan-implikasinya-terhadap-pembelajaranmatematika
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v11i1.6659
Refbacks
Copyright (c) 2023 Ice Dwi Novelza, Lusia Winda Yanti, Nur Rusliah, Maila Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com