Development of Science Process Skill (KPS) Assessment in POE (Predict, Observe and Explain) Learning in Acid-Base Titration
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Harlen, Wyne. The Teaching of Science in Primary SchoolsI Second edition. Great Britain: The Cromwellm Press, 1996.
Husamah dan Yanur Setyaningrum. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2013.
Nur Anisa, Desi, Mohammad Masykuri, dan Sri Yamtinah. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explanation) dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa dan Garam Kelas VII Semester 1 SMPN 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). UNS, Surakarta. 2 (2), 2013.
Nuryani, R. Streategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press, cet. I, 2005
Riduwan dan Sunarto. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta. Cet. 3. 2010.
Rita C. Richey and James D. Klein. Design and Development Research. Mahwah, New Jersey. Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publishers. 2009.
Setiawan, Conny, A.F. Tanggyong, S. Belen, dan Yulaelawati Matahelemual. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia, 1988.
Sofyan, Ahmad, Tonih Feronika dan Burhanudin Milama. Evaluasi Pembelajaran IPA. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006
Sukardi. Evaluasi Pendidikan. Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
USAID PRIORITAS. Buku Sumber untuk Dosen LPTK. Pembelajaran IPA SMP di LPTK. Kerjasama: Amerika, Mendikbud, Depdiknas dan Depag. 2014.
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.
Wilis Dahar, Ratna. Pengelolaan Pengajaran Kimia. Jakarta: Karunika. 1986
Yuni Novia, Rista, Hairida, Lukman Hadi. Analisis Keterampilan Proses Sains melalui Self-Assessment dan Peer-Assessment di Kelas Xi IPA SMA. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan. Pontianak. 4 (8), 2015.
Yunita dan Cucu Zaenab Subarkah. Model-model Pembelajaran Kimia. Bandung: CV. Insan Mandiri. 2012.
Zulfatin, Viki Laeli. Profil Keterampilan Proses Sains Siswa SMA dalam Kegiatan Praktikum Materi Elastisitas yang Dinilai Menggunakan Penilaian Kinerja. FPMIPA: UPI, Bandung. 2014. Skripsi pada Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Dipublikasikan.
Zulfiani, Tonih Feronika dan Kinkin Suartini. Strategi Pembelajaran Sains. Ciputat: UIN Jakarta, 2009
DOI: https://doi.org/10.24952/lavoisier.v2i1.7962
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ricky Gunawan, Tonih Feronika, Nanda Saridewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lavoisier:Chemistry Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © 2022 Lavoisier: Chemistry Education Journal.All rights reserved.