CASH ON DELIVERY SEBAGAI PENGARUH MINAT BELANJA ONLINE DI E-COMMERCE

Jureid Jureid* -  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, Indonesia

Supp. File(s): Research Instrument

Kemajuan teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam pola belanja masyarakat, termasuk di Panyabungan, Mandailing Natal. Salah satu metode pembayaran yang semakin diminati adalah Cash on Delivery (COD), yang memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membayar setelah barang diterima. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terbesar, telah mengintegrasikan layanan COD untuk menarik minat belanja online di kalangan masyarakat lokal. Namun, terdapat berbagai faktor yang memengaruhi efektivitas metode ini, termasuk kepercayaan konsumen dan aksesibilitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembayaran Cash on Delivery (COD) terhadap minat belanja online masyarakat Panyabungan, Mandailing Natal. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknikn pengumpulan data melalui kuesioner kepada 70 responden yang merupakan pengguna e-commerce Shopee. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan rumus Hair, dengan jumlah indikator variabel dikalikan jumlah sampel minimal 5-10. Responden yang dipilih adalah mereka yang telah berbelanja di Shopee minimal dua kali, dengan total belanja sekurang-kurangnya Rp200.000 dan pernah menggunakan layanan COD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembayaran COD memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belanja online. Uji ANOVA menghasilkan nilai F hitung (15,65) yang lebih besar dibandingkan F tabel (1,81), dengan probabilitas 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Nilai determinasi sebesar 75,5% menunjukkan bahwa sebagian besar variasi minat belanja online dapat dijelaskan oleh COD. Uji regresi sederhana juga mengungkapkan pengaruh COD sebesar 54%, menegaskan bahwa layanan ini memberikan kemudahan, keamanan, dan mengurangi risiko transaksi, terutama bagi konsumen yang tidak memiliki akses ke rekening bank atau layanan mobile banking. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa COD dapat meningkatkan minat belanja Online konsumen. Temuan ini menggarisbawahi peran penting e-commerce seperti Shopee dalam meningkatkan partisipasi belanja online masyarakat di daerah dengan akses yang terbatas.

 

Kata Kunci: E-Commerce, Cash On Delivery, Minat Belanja Online, Pembayaran, Transaksi

 

Supplement Files

  1. Abdilah, S., & Melindah, D. (2022). Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dalam Jual Beli dengan Metode Cash On Delivery (COD) di E-Commerce Shopee. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(1). https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i1.140

    Afnan, A., & Yustisi, Y. P. (2023). Analisis Keberhasilan Sistem Informasi Aplikasi Shopee. Jurnal Cafetaria, 4(1).

    Aldatya, R., Suharyati, & HeniNastiti. (2021). Pengaruh citra dan kepercayaan terhadap loyalitas pada e-commerce shopee. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 2(2).

    Anam, S., Nashihin, H., Taufik, A., Sitompul, H. S., Manik, Y. M., ..., Sugiyono, Jayali, A. M., & Sriwahyuni, E. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). In Journal on Teacher Education (Vol. 4, Issue 2).

    Annisa Putri Kadir, A. (2022). Pengaruh Sistem COD Terhadap Minat Beli (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare). Repository.Iainpare.Ac.Id.

    Attar, R. W., Almusharraf, A., Alfawaz, A., & Hajli, N. (2022). New Trends in E-Commerce Research: Linking Social Commerce and Sharing Commerce: A Systematic Literature Review. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 14, Issue 23). https://doi.org/10.3390/su142316024

    Aulia, S. N., Nugraha, I. S., Nazya, A. F., Marcelino, M. D., Prehanto, A., & Purwaamijaya, B. M. (2023). Korelasi Event Tanggal Kembar Terhadap Daya Minat Beli Masyarakat di Shopee. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1).

    Chiu, C. M., Wang, E. T. G., Fang, Y. H., & Huang, H. Y. (2014). Understanding customers’ repeat purchase intentions in B2C e-commerce: The roles of utilitarian value, hedonic value and perceived risk. Information Systems Journal, 24(1). https://doi.org/10.1111/j.1365-2575.2012.00407.x

    Chrisnathaniel, H., Hartini, S., & Rahayu, S. P. (2021). Analisis Gamification Shopee.com Sebagai Media Pemasaran Terhadap EWOM, Positive Emotion, & Repurchase Intention (Pada Aplikasi Shopee.com). JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 6(1). https://doi.org/10.29407/nusamba.v6i1.14630

    Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3). https://doi.org/10.2307/249008

    Deviana. (2023). Pengaruh Online Customer Review ( OCR ) Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery Terhadap Minat Beli Mahasiswa Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai Di Elektronic Marketplace Indonesia. JURNAL TAFIDU, 2(2). https://doi.org/10.57113/jtf.v2i2.321

    Dewi, S. W. K., Utami, B. O., & Musafa. (2021). MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA FITUR COD (CASH ON DELIVERY). Jurnal Sains Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.51977/jsm.v3i2.561

    Eni. (2022). Jual Beli Online Pada Aplikasi Shope (Tinjauan Etika Bisnis Islam). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi.

    Fernández-Bonilla, F., Gijón, C., & De la Vega, B. (2022). E-commerce in Spain: Determining factors and the importance of the e-trust. Telecommunications Policy, 46(1). https://doi.org/10.1016/j.telpol.2021.102280

    Firmansyah, A. dan S. (2021). Analisis Pengaruh Metode Pembayaran COD Terhadap Minat Belanja Online di E-commerce Shopee. Jurnal Manajemen dan Bisnis,. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2).

    Gefen, D. (2000). E-commerce: The role of familiarity and trust. Omega, 28(6). https://doi.org/10.1016/S0305-0483(00)00021-9

    Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and tam in online shopping: AN integrated model. MIS Quarterly: Management Information Systems, 27(1). https://doi.org/10.2307/30036519

    Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. (1998). Multivariate data analysis with readings (5nd ed.). In Prentice-Hall, Upper Saddle River.

    Halisa, N. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Sistem Pembayaran Cash on Delivery (COD) terhadap Minat Beli Konsumen pada Aplikasi Lazada (Studi pada Mahasiswa Universitas Siliwangi). Jurnal Ekonomi Manajemen.

    Hermansyah, T., & Qolbi, N. (2023). Pengaruh Pembayaran Cod (Cash On Delivery) Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Shopee. Jurnal AL-AMAL, 2(1).

    Hsu, M. H., Chang, C. M., & Chuang, L. W. (2015). Understanding the determinants of online repeat purchase intention and moderating role of habit: The case of online group-buying in Taiwan. International Journal of Information Management, 35(1). https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2014.09.002

    Kim, H. W., Xu, Y., & Gupta, S. (2012). Which is more important in Internet shopping, perceived price or trust? Electronic Commerce Research and Applications, 11(3). https://doi.org/10.1016/j.elerap.2011.06.003

    Kotler, P., Keller, D. K. L., Brady, D. M., Goodman, M., & Hansen, M. T. (2012). Marketing Management.

    Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2022). E-commerce 2021-2022: business, technology, society. In Pearson.

    Maisyura, M., Anggraini, D., & Rahmawati, Y. (2022). Analisis Kepercayaan Konsumen terhadap Metode Pembayaran Cash On Delivery di E-Commerce Indonesia. Academic Journals, 9(2).

    Maria Sri Sayekti, I. (2024). Penduduk Unbanked Indonesia ke-4 Terbesar di Dunia, Bank DBS Dorong Inklusi Keuangan. In PressRelease.id. https://pressrelease.kontan.co.id/news/penduduk-unbanked-indonesia-ke-4-terbesar-di-dunia-bank-dbs-dorong-inklusi-keuangan#:~:text=Penduduk Unbanked Indonesia ke-4,Bank DBS Dorong Inklusi Keuangan

    Marlin, K., Juniati, R. D., & Shobirin, K. (2023). Pengaruh Layanan COD dan Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Pada e-commerce Shopee. MABIS: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(2). https://doi.org/10.31958/mabis.v3i2.10516

    Nandy. (2023). Pendiri Shopee dan Kisah Perjalanan Karirnya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-shopee/

    Nuryanti, D dan Nugroho, A. (2020). Peran COD dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada E-commerce di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital.

    Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3). https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275

    Pavlou, P. A., International, S., Commerce, E., & Spring, N. (2013). Consumer Acceptance of Electronic Commerce : Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptance Model Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptance Model Commerce : International Journal of Electronic Comerce, 7(3).

    Pine, B. J., & Gilmore, J. H. (1998). Welcome to the experience economy. Harvard Business Review, 76(4).

    Rifa’i, M. A., Susanto, E., Munawir, A., Marfudin, & Amma, T. (2022). Potensi Ekonomi Digital Masyarakat Desa Pelosok. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi Dan Bisnis, 8(2).

    Sari, U., Faizin, S., Agustiani, E., Ibrahim, Z., & Hidayat, W. (2024). Pengaruh Sistem Pembayaran COD ( Cash On Delivery ) Terhadap Minat Belanja Online di Platform E-commerce Shopee Pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(4).

    Schmitt, B. (1999). Experiential marketing, How to get customers to sense, feel, think, act, and relate to your company and brands. New York.

    seller.shopee.co.id. (2022). Apa Saja Fitur Promosi untuk Penjual di Shopee? https://seller.shopee.co.id/edu/article/16049

    Simatupang, S., Susanti, D., Butarbutar, M., Kevin Indajang, & Girsang, R. M. (2023). Sistem Pembayaran Cash on Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1).

    Siregar, S. (2013). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif: dengan dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. Jakarta : Kencana, 1.

    Soetirto, M. A., Sumarwan, U., & Setiawan, I. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR VIA ONLINE. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2). https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1414

    Solomon, M. R. (2022). Consumer Behavior Buying, Having, and Being Thirteent Edition. In Pearson Education (Vol. 53, Issue 9).

    Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1). https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502

    Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. (2012). Electronic Commerce: a Managerial and social Networks Perspective 2012. In Commerce A Managerial Perspective (5th ed.

    Verhoef, P. C., Lemon, K. N., Parasuraman, A., Roggeveen, A., Tsiros, M., & Schlesinger, L. A. (2009). Customer Experience Creation: Determinants, Dynamics and Management Strategies. Journal of Retailing, 85(1). https://doi.org/10.1016/j.jretai.2008.11.001