تأثير خلفية تعليمية الطلاب اللغة العربية على نتائج تعليم القواعد الأساسية بجامعة الحكومية الإسلامية إمام بونجول بادانج

Sri Indah Lestari* -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
Ifkar Rasyid -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
Yasmadi Yasmadi -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
Muhammad Taufiqurrahman -  Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia
Hafid Arsyad -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Mahasiswa Bahasa Arab mengalami kesulitan Ketika mempelajari al qawaid al asassiyah mata kuliah nahwu ini. Karena dalam satu kelas, terdapat keberagaman latar belakang Pendidikan. Ada yang dari SMA/SMK, MA, dan Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang Pendidikan terhadap hasil belajar mahasiswa Bahasa Arab dalam pembelajaran al qawaid al asassiyah di uin imam bonjol Padang dan solusinya bagi mahasiswa dan pengajar Ketika berhadapan dengan kesulitan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara latar belakang Pendidikan mahasiswa Bahasa Arab terhadap hasil belajar, ini dibuktikan dengan adanya nilai hasil akhir yang berbeda yaitu Rata-rata nilai akhir diperoleh alumni SMA 50, alumni MA 56,68 dan alumni pondok pesantren 61.49

Keywords : Latar Belakang Pendidikan; Hasil Belajar; Nahwu

  1. Abdul, Hamid. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Press Malang, 2018. Afif, Moh. “Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Baca Kitab Di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in.” KABILAH : Journal of Social Community, 2019. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592. “Ahmad Ridwan 2024 Dengan Penelitianya Berjudul تأثير الخلفية الدراسية على نتائج التعليمية للطلبة قسم تعليم اللغة العربية بجامعة الشيخ عبد الرحمن صديق الإسلامية الحكومية بنكا بليتوتونج.Pdf.Crdownload,” n.d. Alex, Muhammad, and Wahyu Wibowo. “Penerapan Teknik Dictogloss Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri.” Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 1, no. 1 (2012). https://doi.org/10.15294/la.v1i1.285. Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf. Deswati, Ida Ayu Putu, Agus Budi Santosa, and Nanda William. “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik.” TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2020): 21–29. Djollong, Andi Fitriani. “Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research).” Istiqra’ 2, no. 1 (2014): 86–100. Fazira, Izza. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Di Man 5 Slemen Yogyakarta,” 2020, 112. Jannah, Raudlatul. “Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School 1, no. 1 (2017): 47–58. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1211. Mahmudah, Mahmudah. “Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 6, no. 1 (2018): 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696. Mohammad Jailani. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Di Pondok Pesantren.” Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren 1, no. 01 (2022): 7–14. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v1i01.10. Munip, Abdul. “Tantangan Dan Prospek Studi Bahasa Arab Di Indonesia.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 2 (2020): 303–18. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052.08. Pratama, Nanda, Muhammad Syafii Tampubolon, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, and Indonesia Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta. “Problematika Pembelajaran Mahasiswa Lulusan Sekolah Umum Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.” JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipiner 1, no. 2 (2022): 117–24. http://journal.amorfati.id/index.php/jipsi%7C%7CISSN2962-9187117https://journal.amorfati.id/index.php/jipsi. Purnamasari, Nurlaili, Mulyadi, and Muhammad Rohiq. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 4 (2022): 4530–34. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf. Sardiyanah. “Pendekatan Dan Metode Audio Lingual (Analisis Metode Sam’Iyah Safawiyah).” NASKHI :Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab Vol. 1, no. No.1 (2019): Hlm. 14-20. Sehra, Anisah Satus. “Problematika Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Intensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 20, no. 2 (2022): 209–24. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i2.3827. ———. “Problematika Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Intensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 20, no. 2 (January 11, 2022): 209–24. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i2.3827. Supriadi, Nunung, Destyanisa Tazkiyah, and Zuyinatul Isro. “Implementasi E-Learning Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Mandarin Di Purwokerto.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers 10, no. 1 (2021): 308–16. Zakiatunnisa, DA Sukma, and MN Faidah. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dan Solusinya Bagi Non-Arab.” Prosiding Semnasbana IV UM Jilid 2 4, no. 2 (2020): 489–98.

Open Access Copyright (c) 2024 Sri Indah Lestari, Ifkar Rasyod, Yasmadi, Muhammad Taufiqurrahman, Hafid Arsyad
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.