EFFECTIVENESS OF AL-MIFTAH LIL ULUM METHOD IN IMPROVING UNDERSTANDING OF NAHWU MTS TANWIRUL QULUB LAMONGAN

Evy Nur Rohmawaty* -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Munirul Abidin -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Metode pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran nahwu. Metode pembelajaran nahwu yang diterapkan di MTs Tanwirul Qulub Lamongan masih menggunakan metode konvensional sehingga menyebabkan permasalahan belajar pada siswa. siswa belum bisa memahami materi nahwu dengan baik, kesulitan dalam menghafalkan materi dan kesulitan dalam membuat contoh penggunaan kaidah-kaidah. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang dan sesuai untuk mengatasai persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan pemahaman nahwu siswa kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Tanwirul Qulub. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif komparatif dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai uji-t pada nilai t-hitung sebesar 3.289 > t-tabel dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 artinya < 0,05. Hal ini kemudian dijadikan dasar dalam melakukan uji hipotesis yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti penerapan metode AL-Miftah Lil Ulum efektif dalam meningkatkan pemahaman nahwu dibanding metode konvensional pada siswa kelas VIII MTs Tanwirul Qulub Lamongan.

Keywords : Methods Al-Miftah Lil Ulum; Nahwu

  1. Abdullah, Moh. “Studi Komparasi Penerapan Metode Al Miftah Lil Ulum Dan Nubdzatul Bayan Dalam Meningkatkan Kompetensi Baca Kitab Kuning.” Maktab Nubdatul Bayan (MAKTUBA) al-Majidiyah Palduding Pegantenan Pamekasan, 2018.

    Abrar, Muh., Asriani Asriani, and Abdul Hamid. “الدراسة النحوية عن الاشتغال وأساليبه فى القرآن جزء عمّ.” Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab 11, no. 2 (December 31, 2023): 298–314. https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v11i2.8704.

    Adzkiyatul, Banat. “Pembelajaran Qowa’id Menggunakan Kitab Al-Miftah Lil ‘Ulum Di Pondok Pesantren Nurul Iman Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas,” 2021.

    Afifah, Dewi. “Penggunaan Metode Al-Miftah Dalam Peningkatan Kualitas Membaca Kitab Kuning Pada Santri Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Wonorejo-Pasuruan,” 2017.

    Agustianti, Rifka, Lissiana Nussifera, L Angelianawati, Igat Meliana, Effi Alfiani Sidik, Qomarotun Nurlaila, Nicholas Simarmata, Irfan Sophan Himawan, Elvis Pawan, and Faisal Ikhram. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media, 2022.

    Amsari, Dina. “Implikasi Teori Belajar E. Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Basicedu 2, no. 2 (2018): 52–60.

    Aqib, Zainal, and Ali Murtadlo. AZ Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif: Untuk Guru, Dosen, Dan Mahasiswa. Penerbit Andi, 2022.

    Asfar, AMIT, AMIA Asfar, and Mercy F Halamury. “Teori Behaviorisme.” Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, 2019.

    Hakim, Zainul. “Efektivitas Metode Al–Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Lamongan.” Dar el-Ilmi : jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora 8, no. 2 (August 19, 2021): 68–78. https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i2.2819.

    Hamdani, Moh. “Penerapan Materi Al-Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Kitab Kuning Pada Santri Pondok Pesantren Darul Fatwa Kwanyar Bangkalan Madura,” 2020.

    Jannah, Nur, Muhammad Anis, Imam Hadhori, Ali Ridho, and Naning Puji Astutik. “Pendampingan Proses Pembelajaran Ilmu Nahwu Melalui Metode Al-Miftah Lil Ulum Di Desa Purwoasri.” Jurnal Abdikarya Pembangunan 2, no. 2 (2024): 21–31.

    Khamid, Abdul. “Pengaruh Penerapan Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Darul Karomah Mandaran Pasuruan,” 2019.

    Kusyairi, Ahmad. “Penerapan Metode Al-Miftah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren.” An-Nahdlah 5, no. 1 (2018): 1–19.

    Lesmana, Gusman. Bimbingan Dan Konseling Belajar. Prenada Media, 2022.

    Muhajirin, A Muhammad, and Sri Zar Zani. “Efektivitas Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Al Badar Parepare.” Al-Af’idah Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Arab 8, no. 1 (2024): 365–81.

    Muniro, Muniro, Imam Bukhori, and Muhammad Hifdil Islam. “Penggunaan Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Kuning.” Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 17, no. 1 (2023): 1–21.

    Nasution, Muhammad Syukri Albani, and Rahmat Hidayat Nasution. Filsafat Hukum & Maqashid Syariah. Prenada Media, 2020.

    Oktariska, Bariyah, Anselmus JE Toenlioe, and Susilaningsih Susilaningsih. “Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Siswa Di SMKN 6 Malang.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1, no. 2 (2018): 159–68.

    Prihatiningtyas, Suci, Nurul Hidayah, Asiyah Lu’lu ul Husna, Ubaidillah Ubaidillah, Muhammad Syafiullah, and Ahmad Jainuri. “Pemberdayaan Santri Ponpes Sabilul Huda Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Penguasaan Ilmu Nahwu Dan Shorof Melalui Metode Kitab Al Miftah.” Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2021): 43–48.

    Putra, Arifdo, Mahyudin Ritonga, and Hetti Waluati Triana. “Optimizing Nahwu Learning: Combination Of Electronic And Conventional Mind Mapping.” Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab 11, no. 2 (December 31, 2023): 158–72. https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v11i2.9481.

    Qomaruddin, Farid. “The Influence of The Lecture Method on The Learning Nahwu at PBA Students Of INKAFA Gresik.” JEET, Journal of English Education and Technology 3, no. 02 (2022): 201–13.

    Richards, Jack C. Communicative Language Teaching Today. SEAMEO Regional Language Centre Singapore, 2005.

    Soleha, Siti. “Penerapan Metode Al-Miftah Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca KItab Kuning Santriwati Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kaliglagah Kabupaten Jember.” Institut Agama Islam Negeri Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, 2021.

    Sultan, Muslihin, and M Yahya. “Metode Al-Miftah Li Al-Ulum: Alternatif Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pendidikan Diniyah Formal” 14, no. 2 (2020).

    Switri, Endang. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Di PTU. Penerbit Qiara Media, 2022.

    Yasir, Muhammad Ma’rupil. “Peran Guru Ilmu Nahwu Dan Shorof Dalam Meningkatkan Pemahaman Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sadeng Leuwisadeng,” 2021.

    Zubaidillah, Muh Haris, and M Ahim Sulthan Nuruddaroini. “Problematika Mahasiswa Dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Di Kalimantan.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 5166–80.

    Zuhad. Wawancara dengan Guru Nahwu MTs Tanwirul Qulub Lamongan, November 15, 2023.


Open Access Copyright (c) 2024 Munirul Abidin
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.