جهود المعلم في ترقية مهارة الكلام للطلاب في تعليم اللغة العربية في معهد دار الإخلاص
- Upaya guru dalam meningkatkakan maharatul kalam dalam pembelajaran di Pondok Pesanteren Darul Ikhlas Padangsidimpuan merupakan upaya yang penting, masalah penelitian ini adalah bagaima upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkakan maharatul kalam dalam pembelajaran di Pondok Pesanteren Darul Ikhlas Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkakan maharatul kalam dalam pembelajaran di Pondok Pesanteren Darul Ikhlas Padangsidimpuan. Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkakan maharatul kalam dalam pembelajaran di Pondok Pesanteren Darul Ikhlas Padangsidimpuan diantaranya, para guru selalu membersamai siswa setiap hari di luar jam pelajaran dengan diadakannya sistem asrama, pemahiran materi yang dilakukan di luar jam ngajar, metode dan media yang gunakan dalam pembelajaran bervariasi. Adapun kesimpulan penelitian ini upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkakan maharatul kalam dalam pembelajaran di Pondok Pesanteren Darul Ikhlas Padangsidimpuan sudah baik dan memenuhi standar.
- عبدالرحمن بن إبرأهيم الفوزان, إضاءات (الرياض: السعوديه), ٢٠۱٥.
- A. Malik Fadjar, ibid, hlm. 5.
- Abdul Wahab dan Ma’mulatul Ni’mah.Ibid. hlm. 94.
- Ali Sarwedi, Kepala Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar, wawancara di Goti Tanggal, 22 April 2019.
- Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke arah Ragam Varian Kontemporer (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2011), hlm. 144.
- Burhanuddin, dkk.,Profesi Keguruan, (Malang, 1995), hlm. 20.
- Ibu Tetty Suryani, guru bahasa Arab, wawancara Tanggal 22 April 2019.
- Iskandarwassid dan. Dadang Sunendar. Strategi Pembelajarn Bahasa. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008: 286), hlm. 30.
- Khoirun Rosyadi,Pendidikan Profetik (Yokyakarta : Pustaka Pelajar, 2004), hlm. 181-182.
- Lia Hinayah Parinduri, Santriyah kelas IX di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H.Abdul Manap Siregar, wawancara Tanggal 22 April 2019.
- Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung CV. Pustaka Setia,2011), hlm. 246-247.
- Moch. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010), hlm.27-28.
- Najwa Rahmadani, santriyah kelas IX di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar, wawancaraTanggal 21 April 2019.
- Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam (Bandung : Pustaka Setia, 2005), hlm. 79.
- Observasi di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H.Abdul Manap Siregar, Tanggal 15 April 2019.
- Penny, Ur, A Course in Languange Teaching: Practice and Theory, (Univercity Press: 1996), hlm. 54.
- Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar, Observasi,Tanggal15 April 2019.
- Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka, 2001), Edisi III, hlm. 330.
- Ruslan Ritonga, santri kelas IX Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar, wawancara di Goti,Tanggal18 April 2019.
- Syafri, Guru Bahasa Arab, wawancara di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar,Tanggal 23 April 2019.
- Syarifuddin, kepala aliyah, Wawancara di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Sairegar, Tanggal 16 April 2019.
- Syarifuddin,Kepala Aliyah, Wawancara di Wawancara di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar, Tanggal 16April 2019.
- Taufik, Siswa kelas IX, Wawancara di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H.Abdul Manap Siregar, Tanggal 18 April 2019.
- Tetty Suryani, Guru Bahasa Arab, wawancara di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar,Tanggal13 April 2019.
- Wawancara dengan Guru Bahasa Arab Syafri, pada Tanggal 23 April 2019.
- Wawancara dengan Guru Bahasa Arab Tetty Suryani, pada Tanggal 22 April 2019.
Copyright (c) 2020 Yunaldi Yunaldi, Aprilianti Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.