تطبيق طريقة الألعاب التعليمية فى ترقية الدافعة الطلبة لتعلم اللغة العربية الصف الثانى بمعهد الأنصار مانونجانججولو بادنج سيدمبوان

Rizka Amini Hrp* -  Pendidikan Bahasa Arab, Indonesia

Penerapan metode permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa arab adalah merupakan sebuah bentuk kegiatan pembelakaran, dengan menggunakan metode permainan edukatif, siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Pertanyaan penelitian adalah bagaimana hasilnya pembelajaran setelah diterapakan metode permainan edukatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasilnya pembelajaran setelah di terapkan metode permainan edukatif di pesantren Al-ansor. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode permainan edukatif, peningkatan ini didapat dari hasil tes yang diberikan peneliti dan juga hasil observasi dari setiap siklusnya. Hasil tindakan pada siklus I adalah 52, 17, pada siklus II adalah 78, 26 dan pada siklus III adalah 86, 95. Dilihat dari hasil tindakan siklus I  sampai dengan siklus II menunjukkan adanya peningkatan jumlah skor yang diperoleh dari setiap tes. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan metode permainan edukatif

 

 

Keywords : Motivasi, Penerapan, Peningkatan

  1. Abdur Rahman Jalaluddin bin al-Sayuti Abu Bakar, Al-Jami’al-Shagir fii Ahaadiits al-Basyiiran-Nadziir, Surabaya: Al-Hidayah, 2009.

    Ahmad Nizar, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2014.

    Asrori Imam, 1000 Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab,Malang :Bintang, 20013.

    Azzuhri Muhandis, “ Metode Dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet Di Era Teknologi Informasi” ( Jurnal) Jurusan Tarbiyah Stain Purwokerto Mahhandis Azzuhri 1Insania,Vol. 14,No. 3,2009.

    Burdah Ibnu, Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional,Yogyakarta: Teras, 2008.

    Dahlan Juwairiyah, Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, Surabaya: Al-Ikhlas, 1992.

    Departemen Agama RI ,Alqur’an dan Terjemahanya, Semarang: Asy-Syifa, 2000.

    Ismail Andang, Education Games: Menjadi Cerdas Dan Ceria dengan permainan Edukatif,Yogyakarta: Pilar Media, 2006.

    Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovativatif,Medan: Iscom Medan, 2012.

    M.Asrori, “Permainan Edukatif Dengan Media Puzzle Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun TK Al-Islamiyah” (Jurnal)Pendidikan Guru PAUD Untan, Vol. 13, No.4 2009.

    Mujib Fathul dan Rahmawati Nailur, Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab, Yogyakarta: Diva Press, 2011.

    Mustofa Syaiful, Bahasa Arab Inovatif, Uin Maliki Press, 2011.

    Nasution Khairani, “Penerapan Pendekatan Behavioral dalam Mengatasi Balap Motor Liar Pada Anak Usia Sekolah Di Desa Beringin Jaya”, (Skripsi, IAIN Padangsidimpuan 2020),

    Rahmawati Nailur,Lisanul Arab,Journal Of Arabic Learning and Teaching 7 1, 2018.

    Rosyidi Abdul Wahab, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Uin Maliki Press, 2012.

    Wamuna, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi, 2011Yogyakarta: Teras, 2011.

    Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2011.


Open Access Copyright (c) 2021 Rizka Amini Hrp
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.