OPTIMIZING NAHWU LEARNING: COMBINATION OF ELECTRONIC AND CONVENTIONAL MIND MAPPING

Arifdo Putra -  Pendidikan Bahasa Arab Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
Mahyudin Ritonga* -  Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia
Hetti Waluati Triana -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Indonesia

Penelitian ini membahas tentang hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Nahwu melalui kombinasi strategi pembelajaran mind map elektronik dan konvensional. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Nahwu. Sebelum intervensi, tingkat kelulusan siswa hanya 55%. Kombinasi strategi pembelajaran pemetaan pikiran elektronik dan konvensional dirancang dan diterapkan di kelas untuk mengatasi masalah ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang melibatkan sekelompok siswa dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan selama beberapa siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran mind map secara elektronik dan konvensional meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Nahwu secara signifikan. Peningkatan tersebut terlihat dari tingkat penyelesaian yang meningkat menjadi 81% pada Siklus I dan 90% pada Siklus II. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk mengidentifikasi dan menerapkan aturan Nahwu. Selain itu, mereka menunjukkan peningkatan dalam keterampilan komunikasi lisan dan tertulis dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, kombinasi strategi pembelajaran mind map elektronik dan konvensional dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran Nahwu. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pendidik yang ingin meningkatkan kualitas Nahwu.

Keywords : Nahwu Learning; Electronic Mind Mapping; Conventional Mind Mapping; Action Research

  1. Al-Fauzan, Abdurrahman bin Ibrahim. Idho'at Al-Muallim Al-Lughah Al-Arabiyah Li Ghairi an-Nathiqin Biha . Riyadh: Maktabah al-Malik Fahd al-Wathoni, 2015.

    Al-Ghalayini, Mustafa. Jami' Al-Durus Al-'Arabiyah . Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi, 2005.

    Al-Judai', Abdullah bin Yusuf. Al-Manhaj Al-Mukhtasar Fi 'Lmil Al-Nahw Wa Al-Sarf . Beirut: Mu'assasat al-Rayan, 2008.

    Anggraini, Sintia, dan Sukartono Sukartono. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 5287–94. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071.

    Apriliyaanti, Sindi, Maya Dewi Kurnia, Jaja Jaja, dan Cahyo Hasanudin. “Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping.” Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris 2, no. 3 (2022): 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.645.

    Aryobimo, Bagusradityo, Maman Abdurrahman, dan Asep Sopian. “Pandangan Mazhab Nahwu Kufah dalam Pendekatan Data dalam Menentukan Aturan.” Jurnal Internasional Linguistik, Sastra dan Terjemahan 6, no. 7 (2023): 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32996/ijllt.2023.6.7.9.

    Azfar, Harizt. “Ta’lim Al-Qawa’id Al-’Arabiyah Bi Iqtibas Al-Amthal Min Al-Ayat Al-Qur’aniyah Li Tarqiyyah Qudrat Al-Ṭullab ’ala Al-Qawa’id Fi Ma’had ’Ulum Al-Qur’an Pagar Air.” Jurnal Lisanuna 11, no. 1 (2021): 1–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ls.v11i1.9818.

    Baharun, Hasan. “Penguatan Daya Ingat Mahasantri Melalui Mnemonic Learning.” PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2018): 180–92. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/pjp.v5i2.630.

    Buzan, Tony. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramadia Pustaka Utama, 2012.

    dian Rahmawati, Rina, and Amrini Shofiyani. “Strategi Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris.” Jurnal Education and Development 8, no. 3 (2020): 298.

    Fatimah, Fatimah. “Fa’aliyah Tatwir Kitab Matn Al-Ajrumiyah ‘ala Shakl Khurait Al-Mafahim (Bahsu Tatwiri Fi Madrasat Manba’ Al-Salihat Al-Dawatsirah Al-Islamiyah Bi Ghuraysik).” Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (2017): 80–97. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/tadris.2017.5.1.80-97.

    Fu'adah, Shofwatul. “Penggunaan Strategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (2021): 30–39. https://doi.org/10.35316/lahjah.v2i1.30-39.

    Gumilar, Rizki. “Istisyhād Ibn Taimīyah Fi Al Nahwi Wa Al Sarfi Wa Al Lughah.” Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab 10, no. 1 (2022): 43–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v10i1.4422.

    Hasanah, Atiyah, and Harun Al-Rasyid. “Analisis Isi Buku Nahwu Titik Nol Terhadap Peningkatan Minat Belajar Santri Manhalun Nabighin Medan.” Journal of Education Research 4, no. 3 (2023): 1272–79. https://doi.org/https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/385.

    Hasanah, Zuriatun, and Ahmad Shofiyul Himami. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 1, no. 1 (2021): 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236.

    Hidayah, Rohmatun. “Kharithah Al-Mafaheem Ka Estrajiyat Li Ta’lim Maharat Al-Lughat Al-’Arabiyyah.” Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 11, no. 2 (2019): 63–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i2.5761.

    Laili, Ashfiyah Nur, Ananda Siti Nur Faizah, and Emy Yunita Rahma Pratiwi. “Analisis Efek Pemberian Reward Dan Ice Breaker Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Kaliwungu 1 Jombang.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 3 (2022): 1213–15.

    Muhammad, Wafaa Zaki Salama Mahmoud. "The Effectiveness of Applying Electronic Mind Maps in Developing Creative Thinking Skills in Science among The Ninth Grade Female Students in Gaza Strip." Majallah Al-Jami’ah Al-Islamiyah Lil Dirasat Al-Tarbiyah Wa Al-Nafsiah 28, no. 2 (2020): 79–106. https://doi.org/http://journal.iugaza.edu.ps/index.php/IUGJEPS/article/view/5806.

    Mukhlishoh, Mukhlishoh, Asbarin Asbarin, and Muhammad Khanif. “Tahlil Maddah Al-Tarakiib Al-Nahwiyyah Fi Kitab Al-’Arabiyyah Bayna Yadayk.” Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab 11, no. 1 (2023): 142–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v11i1.6496.

    Najem, Mohammed Abdul Aziz Al. "The Effect of Electronic Mind Maps on Developing Immediate and Delayed Achievement and Habits of Mind in Teaching Al Fegh for High School Students." International Journal for Research in Education 44, no. 1 (2020): 12–44. https://doi.org/http://doi.org/10.36771/ijre.44.1.20-pp12-44.

    Rahayu, Ariyanti, and Anggi Fitri. “Hakikat Perencanaan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7, no. 1 (2021): 36–48. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.2201.

    Sahab, Hilmi. “Ta’lim an-Nahw Bi Istikhdam Kitab Al-’Amruti Fi Madrasat Qasim Al-Hadi Al-Tshanawiyah Al-Islamiyah Semarang Wa Mushkilatuhu.” LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature 3, no. 1 (2019): 113–27. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.113-127.

    Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media, 2016.

    Seena, Endah. “Eksperimentasi Metode Mind Map Pada Pembelajaran Nahwu Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (2019): 85–100. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-05.

    Susanti, Elvia, Mahyudin Ritonga, and Bambang Bambang. “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 4, no. 1 (2020): 179–91. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406.

    Susilowati, Dwi. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Edunomika 2, no. 01 (2018): 36–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175.

    Triana, Hetti Waluati, Yufni Faisol, Latifa Islami Anuar, Aida Fitri, Syaifulllah Syaifullah, Ulsa Osama, Rahmah Hayati, dan Fitriyati Nurmah Yuni. “Problematika Membaca Teks Arab Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Arab UIN Imam Bonjol Padang: Analisis Morfologis-Sintaktis-Semantis.” Diwan: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 10, no. 1 (2018): 818–47. https://doi.org/https://doi.org/10.37108/diwan.v10i1.165.

    Wahab, Laode Abdul. “Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis Mind Map Untuk STAIN Kendari.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 9, no. 2 (2014): 65–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i2.157.

    Widayati, Ani. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6, no. 1 (2008): 87–93. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793.

    Widia, Widia, Fitria Sarnita, Fathurrahmaniah Fathurrahmaniah, dan Jessy Parmawati Atmaja. “Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa.” Jurnal Ilmiah Mandala Pendidikan 6, no. 2 (2020): 467–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1459.

    Zainuri, Muhammad. “Kutub Al-Qawa'id Al-Lughah Al-'Arabiyah Fi Al-Ma'ahid Al-Islamiyah Bi Indunisiya: Bina'uha Wa Nau'uha Wa 'Alaqataha Bi Turuq Ta'limiha.” LISANIA: Jurnal Pendidikan dan Sastra Arab 3, no. 1 (2019): 68–90. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.68-90.


Open Access Copyright (c) 2023 Arifdo Putra
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.