Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak kelompok B. Tahap dalam proses menyimak yang dilakukan antara lain anak mendengarkan cerita yang disampaikan guru, anak mengerti dan memahami dengan baik isi cerita. Setelah anak memahami cerita, anak menginterpretasikan isi cerita dengan bercerita kembali, serta anak menanggapi pertanyaan yang diberikan guruMetode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Mc Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya yang setiap siklusnya meliputi perencanaan. pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di Kelompok Bermain Nusa Indah Kertaungaran. Subyek penelitian ini yaitu siswa Kelompok B Kelompok Bermain Nusa Indah Kertaungaran sebanyak 9 anak tahun ajaran 2023 / 2024. Variabel yang digunakan dalam penelitian meliputi variabel input (kemampuan menyimak sebelum tindakan), variabel proses (metode bercerita) dan variabel output (kemampuan menyimak setelah tindakan). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif prosentase, dengan indikator keberhasilan > 75%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai peningkatan kemampuan menyimak melalui metode bercerita anak di Kelompok Bermain Nusa Indah dari hasil presentase siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan menyimak sebanyak 50, 6%, Siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan menyimak sebanyak 70,4%, siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan menyimak sebanyak 90,8%. Berdasrakan hasil penelitian mulai dari siklus I, siklus II, siklus III sudah terjadi peningkatan, dengan demikian bahwa dalam penggunaan metode bercerita dapat meningkatan kemampun menyimak ank di Kelompok Bermain Nusa indah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. Pedagogia, 2(2), 36–49.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
Haerudin, D. A. . N. C. (2018). PENERAPAN METODE STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420
Hafidz, N., Kasmiati, K., & Diana, R. R. (2022). Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan dalam Mengasah Kecerdasan Spiritual Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 182–192. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Diniada Anak Usia Dini. Logaritma, I(02), 1–12. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/view/219/200
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.
oktari, richa, -, F., & -, H. (2013). Penerapan Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kemala Bhayangkari 14. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 1–12.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Riadil, I. G., Nuraeni, M., & Prakoso, Y. M. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89–110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6574
Rohayati, E. (2018). Metode Pengembangan Keterampilan Bercerita Yang Berkarakter Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10320
Siswanto, A. (2021). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Siswa. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI). https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/idaarotul/article/view/179%0Ahttps://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/idaarotul/article/download/179/160
Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674
Sobariah, F. D. T. S. (2019). Jurnal ceria. Jurnal Ceria, 2(2), 7–14.
Suminarti. (2012). Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Sosiodrama. Pesona PAUD, 1(1), 1-4 55-65.
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia.
Wagiati, Nani Darmayanti, D. Z. (2019). Peggunaan Bahasa Sunda sebagai Bahasa Pengantar Pendidikan Kelas Semula di Sekolah Dasar. IEEE International Conference on Acoustics, Speech, and Signal Processing (ICASSP) 2017, 41(2), 84–93. https://doi.org/10.1016/j.desal.2004.08.033
Yasbiati, Pranata, O. H., & Fauziayah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 20–29.
DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.11450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mila Widasari
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com