Peran Pentas Drama dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Umi, R. (2020). Pengembangan kompetensi bahasa anak usia dini melalui sentra bermain peran di paud sinar mentari dukuhwaluh kembaran banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto)
Noviyanti, R. F., & Millah, S. (2020). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1).
Yeti, Y., Tirsa, A., & Kartini, K. (2022). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK BERMAIN “MAMA BABY CARE” NANGA PINOH. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 11-18.
Sriami, S., Haryono, S. E., & Muntommimah, S. (2021). Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Taman Kanak-Kanak. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 38-44.
Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(2), 105-110.
Maftuhah, A., & Ariyati, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Show And Tell Di TK Pertiwi 01 Cingebul. Khazanah Pendidikan, 16(1), 164-172.
Sary, Y. N. E., & Indah, N. H. I. (2023). Peran Literasi dan Read Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3558-3566.
Dini, M. K. A. U. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3917-3924.
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871-4880.
Yogman, M., Garner, A., Hutchinson, J., Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., Baum, R., ... & COMMITTEE ON PSYCHOSOCIAL ASPECTS OF CHILD AND FAMILY HEALTH. (2018). The power of play: A pediatric role in enhancing development in young children. Pediatrics, 142(3).
Al-Harbi, S. S. (2020). Language development and acquisition in early childhood. Journal of education and learning (Edulearn), 14(1), 69-73.
Whitebread, D., Neale, D., Jensen, H., Liu, C., Solis, S. L., Hopkins, E., ... & Zosh, J. (2017). The role of play in children's development: A review of the evidence. Billund, Denmark: LEGO Fonden.
Hamzah, M. Z., De Vega, N., Ummah, S. S., & Pattiasina, P. J. (2023). Role-playing Method for Language Development in Elementary School. Journal of Childhood Development, 3(2), 36-47.
Jones, A., et al. (2018). The Impact of Role Playing on Language Development in Early Childhood. Journal of Early Childhood Education, 25(3), 123-135.
Brown, L., & Smith, T. (2019). Exploring the Role of Pretend Play in Language Development. Child Development Perspectives, 11(2), 98-104.
Wang, J., & Guo, Y. (2020). The Benefits of Role Playing in Social and Language Development. Early Childhood Research Quarterly, 35(4), 287-301.
Widowati, E., Hendriyani, R., Wahyuningsih, A. S., Agustiani, N. H., Hapsari, R., Dwijaningtyas, S., ... & Suryani, A. (2023). Implementation of Emergency Response System in Elementary School as an Effort to Increase Safety Culture from an Early Age. Jurnal Penelitian Pendidikan, 40(2), 44-49.
Jannah, M. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSA KATA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Panrita, 2(1), 11-22.
Khoerunnisa, N. (2015). Optimalisasi metode bermain peran dengan menggunakan alat permainan edukatif dalam mengasah percaya diri anak usia dini. Lentera, 18(1), 77-91.
Utami, R. W. T., Hanafi, M., & Kriswoyo, P. G. (2017). Pengaruh metode bermain peran terhadap peningkatan percaya diri pada anak usia pra sekolah (4-5 tahun) di pendidikan anak usia dini insan harapan klaten. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(2), 84-92.
Inten, D. N. (2017). Pengembangan keterampilan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109-120.
Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach dalam Bermain Peran dan Bererita terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 48–55.
Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2021). Penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini kelompok b di taman kanak-kanak nurul yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(2), 68-79.
Zahro, I. F., & Kusrini, N. A. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(1), 12-24.
Budiarti, E. (2024). Implementasi Kemampuan Berbahasa Melalui Kegiatan Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 6(1), 142-153.
Sari, I. A., & SIMATUPANG, N. D. (2019). Pementasan Drama Operet Dalam Menstimulasi Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Di TK Dunia Suzan Tegalsari Surabaya.
Zekri, S. P. PENTINGNYA PERAN PERMAINAN DALAM PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI.
DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i2.11497
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Farsya Nabila Putri, Feodora Salma Aqilah
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com