Dikotomi dalam Tinjauan Pustaka Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini

Lusi Marlisa (Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia)
Eka Septiana (Universitas Muhammadiyah Metro, Indonesia)

Abstract


Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di harapkan bisa menjadi langkah strategis untuk mewujudkan anak yang memiliki jiwa kompetitif. Dikotomi yang hadir dalam tubuh pendidikan anak usia dini, bisa menjadi pembatasan bagi stakeholder dalam memahami terkait dengan pendidikan anak usia dini. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka, karena dianggap paling strategis untuk mengungkapkan gagasan-gagasan serta temuan dalam tulisan ini, untuk mendukung proses temuan dalam penelitian ini, maka diperlukan beberapa sumber rujukan serta literatur bacaan yang digunakan seperti buku-buku dan jurnal-jurnal elektronik yang berkaitan dengan variabel penelitian ini. Pembahasan ini memiliki hasil bahwasanya diperlukan sinerginitas yang baik antara peraturan pemerintah, masyarakat juga terlibat dalam kontrol/pengawasan, penilaian serta dalam pengambilan keputusan terhadap pelaksanaan kebijakan PAUD, sehingga pendidikan anak usia dini tidak mengalami dikotomi dari segi apa pun.

Full Text:

PDF

References


Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14.

Fadlillah, M. (2018). Persepsi Mahasiswa PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Ponorogo terhadap PAUD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 2(1), 116–121. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.619

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84–97. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.462

Heryanto, N. (2009). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PAUD NONFORMAL. In Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (Vol. 4, Issue 2). https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/1222

Hidayat, A., & Machali, I. (2018). The handbook of education management. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Karyanta, N. A., & Andayani, T. R. (n.d.). Pemberdayaan Ibu untuk Mengajarkan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. 2.

Kemendibud. (2003). UU No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. In Depdiknas.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Anak Indonesia Tahun 2019. Kementerian Pemerdayaan Perempuan Dan Perlindngan Anak (KPPPA), 378. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/15242-profil-anak-indonesia_-2019.pdf

Kiam, K. (2014). Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Non Formal Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kecamatan Sintang. None, 1(1), 72402. https://www.neliti.com/publications/72402/

Pemerintah, P. (2017). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 ,2017 Tentang Guru. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017.

Saripudin, A. (2019). KOMPETENSI GURU PENDAMPING PAUD DALAM MEMENUHI STANDAR LAYANAN PAUD NON FORMAL DI KABUPATEN TASIKMALAYA. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 63. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.4848

Suroyo, H. (2020). Ada Dikotomi Pendidikan Formal dan Non Formal. Lintas Lampung. https://web.lintaslampung.com/ada-dikotomi-pendidikan-formal-dan-non-formal

Tamami, B. (2019). Dikotomi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Umum Di Indonesia. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.4006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205