Analisis Motivasi Belajar Matematika Anak Usia Dini Melalui Media Gambar

Rahma Hayati Siregar (, Indonesia)

Abstract


Motivasi belajar matematika adalah daya baik yang datang dari diri sendiri maupun dari luar yang mendorong peserta didik untuk belajar matematika. Anak yang mempunyai motivasi belajar yang kuat akan banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar akan lebih optimal dengan adanya motivasi belajar matematika. Penelitian ini mengananalisis motivasi belajar matematika anak usia dini dengan media gambar.  Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis didapatkan bahwa motivasi belajar matematika anak meningkat setelah diberikan media gambar. Munculnya keinginan atau inisiatif sendiri  anak untuk belajar; keterlibatan secara sungguh-sungguh dalam belajar dan tugas yang diberikan;  serta komitmen untuk terus menerus belajar sehingga bertahan dalam pelajaran. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika pada anak usia dini. Dengan gambar-gambar yang menarik membuat anak-anak terus termotivasi dan semangat dalam belajar matematika. Dengan gambar yang menarik, anak  memperhatikan, mengamati, serta lebih fokus pada suatu tugas tertentu dan mempertahankannya, dan kurang mudah teralihkan oleh peristiwa yang tidak nyata.

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar Matematika, Anak Usia Dini

 


Full Text:

PDF

References


Hadjar, Ibnu. Dasar-Dasar Metodologi Kuantitatif Dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 1999. Hasratuddin. Mengapa Harus Belajar Matematika? Medan: Perdana Publishing, 2015. Karunia Eka Lestari. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama, 2015. Lexy J. Moleong. Metodologi Penenelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000. Nasir, Moh. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia, 2005. Ngafifah, Binti, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Kelas VIII Pada Materi Statistika Di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018(Penelitian) Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran, ( Yogyakarta : Aswaja Pressindo, 2016). Rahmad Bustanul Anwar, (2011), Jurnal GUIDENA, Vol.1, No.1, September 2011 Suharsimi Arikunto, (2006), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. Suharsimi Arikunto, (2010), Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Wina Sanjaya. Perencanaan Dan Disain Pembelajaran. Jakrta: Kencana Pranada Media, 2008.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.4125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205