Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini
Abstract
Pokok penelitian ini adalah bagaimana pengaruh teknologi di era menuju 5.0 ini terhadap kemampuan Anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana perkembangan teknologi dapat mempengaruhi interaksi sosial anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan kajian pustaka dari berbagai literatur yang berkaitan dengan apa yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget tidak hanya mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku orang dewasa saja, tetapi gadget juga mempengaruhi perilaku perkembangan Anak terutama perkembangan anak dalam berinteraksi kepada orang lain. Ketergantungan terhadap gadget pada anak dikarenakan lamanya durasi dalam penggunaan gadget tersebut. Bermain gadget dilakukan setiap harinya dan waktu yang cukup lama, bisa membuat perkembangan anak tidak stabil sehingga anak lebih kearah pribadi yang anti sosial.
Full Text:
PDFReferences
Hurlock, B. E (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Soekanto, S. (1992). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali
Novitasari, W. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNSDOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.4455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com