IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan)
Abstract
Abstrak,
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat. Ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan yang dengan secara swadaya mengelola sumber daya ekonomi apa saja yang dapat diusahakan dan dikuasainya. UMKM meliputi sektor pertanian, peternakan, kerajinan, makanan, yang bertujuan terutama untuk memenuhi kebutuhan dasar dan keluarga tanpa harus mengorbankan kepentingan masyarakat lainnya. Pada segmen UMKM, Bank Syariah Mandiri memiliki program pembiayaan yang disebut warung mikro, dengan tujuan untuk mendorong kinerja atau mengembangkan usaha nasabah melalui pembiayaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi produk penyaluran dana untuk segmen UMKM pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan sumber data primer dari karyawan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan yang di kumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dianalisa menggunakan pendekatan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan UMKM PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan dilakukan dengan menggunakan akad murabahah.
Kata Kunci: Implementasi, Produk, Pembiayaan
Abstract,
Micro, Small and Medium Enterprises are economies based on the economic power of the people. People's economy is an economic or business activity carried out by the common people who independently manage any economic resources that can be cultivated and controlled by them, including the agriculture, animal husbandry, handicraft, food sectors, which primarily aim to meet their basic needs and their families without sacrificing other people's interests. In the Micro, Small and Medium Enterprises segment (MSMEs), Bank Syariah Mandiri has a financing program called Warung Mikro, with the aim of encouraging performance or developing the customer's business through financing. The purpose of this research is to know how the implementation of fund distribution products for the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) segment of PT. Bank Syariah Mandiri Branch of Panyabungan. This research uses descriptive qualitative method, with primary data sources from employees of PT. Bank Syariah Mandiri Branch of Panyabungan which was collected through observation, interviews and documentation and analyzed using the triangulation approach. The result of the research showed that Micro, Small and Medium Enterprises PT. Bank Syariah Mandiri Branch of Panyabungan is done using a murabahah contract.
Keywords: Implementation, Products, Financing
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hasibuan, SP, Melayu, 2009, Dasar-dasar Perbankan, Jakarta:PT. Bumi Aksara
Ismail, 2011, Perbankan Syariah, Jakarta:Kencana
Moleong, J, Lexy, 1999, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Muhammad, 2005, Bank Syariah Proplem Dan Prospek Perkembangan Di Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif dan R7B, Bandung:Alfabeta
______, 2012, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang perbankan syariah. 2008. Jakarta: Kementerian Hukum dan HAM Republik Indionesia.
Wawancara dengan Bapak Damri Nasution sebagai Pelaksana Marketing Mikro di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan.
Wawancara dengan Bapak Fauzi Abdullah Lubis sebagai Kepala Warung Mikro di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Panyabungan
Yaya, Rizal, dkk, 2009, Akuntasi Perbankan Syariah, Jakarta:Salemba Empat
DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.