PERSEPSI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP PRODUK – PRODUK OLAHAN SALAK (Studi Kasus UD.SALACCA)
Abstract
Abstrak,
Produsen pengolahan salak dalam hal ini UD. Salacca perlu meneliti persepsi konsumen dalam hal kepuasan pembelian produk olahan salak dan hal- hal yang memengaruhinya untuk mengatasi persaingan perusahaan. Hal- hal yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen yang diteliti adalah kualitas produk, harga, dan faktor sosial. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi konsumen UD. Salacca terhadap faktor- faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk olahan salak, untuk mengetahui tahapan konsumen beralih memilih produk olahan salak dibandingkan dengan salak segar dan untuk mengetahui cara konsumen mendapatkan informasi produk olahan salak. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan mewawancarai konsumen langsung. Persepsi konsumen UD. Salacca terhadap produk olahan salak ternyata positif. Artinya, konsumen tetap membeli salak segar meskipun membeli produk olahan salak karena faktor yang memengaruhi konsumen memilih produk olahan salak bukan karena harga dan kualitasnya melainkan karena kondisi konsumen tersebut.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Faktor Sosial, Keputusan Pembelian
Abstract,
Zalacca processing producers in this case UD. Salacca need to examine consumer perceptions in terms of the purchase decision of salak processed products, the things that influence them to win the competition. The things that influence consumer purchasing decisions examined in this study are product quality, price, and social factors. The purpose of this study was to determine the perception of UD. Salacca consumers on the factors that influence the decision to purchase processed zalacca products, to find out the stages of consumers switching to choose processed products compared to fresh salak, to find out how consumers get information on processed zalacca products. UD. Salacca's consumer perception of salak processed products is positive. Consumers continue to buy fresh salak even though they buy processed zalacca products they also buy fresh zalacca. The thing that influence consumers to decide buying both not only because of price and quality but also the condition of the consumer.
Keywords: Product Quality, Price, Social Factor, Consumer Purchasing Decision
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anarsis W, 2003, Analisis Fungsi Produksi Agri Bisnis Salak dan Indutri Pangan Olahannya, Bogor: J. Pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian.
Fure,H, 2013, Lokasi, Keberagaman Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pasar Tradisional Bersehati Calaca, Jurnal EMBA,Vol. 1, No 3, pp.273-283
Kotler, P., & Keller, K.L. 2012, Marketing Management 14th Edition. England:education Limited
Kotler, P., & Amstrong, G, 2010, Principles Of marketing 13th Edition.New Jersey:Pearson Education, Inc.
Manahan P. Tampubolon, 2008, Perilaku keorganisasian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Mardalis, 2007, Metodologi Penelitian Suatu pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.
Moh Najr, 2010, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia
Oladepo, O. L. & Abimbola, O. S, 2015, The Influence Of Brand Image And Promotion Mix On Consumer Buying Decision (a study of bevera consumers in Lagos States, Nigeria). British Journal of Marketing Studies, Vol3, No. 2, pp. 97-109.
Purwati Setiawan H., & Rohmawati, 2012, Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi kasus pada PT.Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi dan Informasi akuntansi (Jenius), Vol. 1, no. 3, pp. 1-10
Septiawan Santana, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Tim Karya Tani Mandiri, 2010, Pedoman Budi Daya Buah Salak, Bandung: CV. Nuansa Auliya.
Urfana, Milliatina, & sembiring, B. K , 2013, Analisis Pengaruh Faktor Kebudayaan , Sosial, Pribadi, Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Pada Konsumen Kentuky Fried Chiken (KFC) Walikota Medan . Media Informasi Manajemen, Vol. 5, No. 5, pp.383-387.
DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1088
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.