ANALISIS PERILAKU NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH DI KABUPATEN MANDAILING NATAL
Abstract
Abstrak,
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, bagi hasil, pelayanan, fasilitas, dan produk terhadap perilaku nasabah dalam memilih bank syariah di kabupaten Mandailing Natal. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada nasabah dari PT. Bank Syariah Mandiri cabang Panyabungan, PT. Bank Sumut Syariah cabang Panyabungan, dan PT. Bank Muamalat Indonesia Kcp. Panyabungan. Sampel penelitian sebanyak 150 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda sehingga membentuk persamaan PN = 10,199 + 0,059 Rel + 0,241 BH +0,209 Pel + 0,112 Fas + 0,297 Prod +2,857. Religiusitas, bagi hasil, kualitas pelayanan, fasilitas, dan produK memiliki kontribusi sebesar 31,3% terhadap perilaku nasabah dan 68,7% sisanya disumbangkan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian. Variabel yang signifikan mempengaruhi perilaku nasabah dalam memilih bank syariah di kabupaten Mandailing Natal terdiri dari; bagi hasil, pelayanan, produk. Ketiga variabel ini dinyatakan signifikan mempengaruhi karena t-hitung > t-tabel dan signifikansi > 10%. Secara simultan semua variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku nasabah dalam memilih bank syariah di Kabupaten Mandailing natal, karena nilai F hitung > F tabel (13,12 > 1,89) dan signifikansi < 10% (0,00 < 0,10).
Kata Kunci : Perilaku Nasabah, Religiusitas, Bagi Hasil, Pelayanan, Produk
Abstract,
This research was conducted with to determine the effect of religiosity, profit sharing, services, facilities, and products on customer behavior in choosing Islamic banks in Mandailing Natal district. The data processed in this study was primary data obtained through questionnaires to customers PT. Bank Syariah Mandiri branch Panyabungan, PT. Bank Sumut Syariah branch Panyabungan, and PT. Bank Muamalat Indonesia Kcp. Panyabungan. Research samples were 150 people. The data obtained were analyzed using multiple linear regression that the equations PN=10.199 + 0.059 Rel + 0.241 BH +0.209 Pel + 0.112 Fas + 0.297 Prod +2.885. Religiosity, profit sharing, quality of services, facilities and products have contributed 31.3% to customer behavior while the remaining 68.7% was contributed by other factors outside this research. Variables that significantly affect customer behavior in choosing Islamic banks in Mandailing Natal district consist of; profit sharing, service, product. These three variables are stated to have significant influence because t-count> t-table and significance> 10%. Simultaneously all independent variables have a significant effect to customer behavior in choosing Islamic banks in Mandailing Natal, because the F count > F table (13.12> 1.89) and significance <10% (0.00 <0.10).
Keywords : Religiosity, Profit Sharing, Services, Products, Customer Behavior
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ancok, Djamaluddin dan Fuad Nashari Surosa, Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Anoraga, Panji, Manajemen Bisnis, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Arifin, Zainal, Dasar-Dasar Managemen Bank Syariah. Jakarta: Alvabet, 2002.
Assauri, Sofjan, Manajemen Produksi dan Operasi Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 2008.
Ginting Nembah Hartimbul, Manajemen Pemasaran, Bandung: CV. Yrama Widya, 2011.
Hakim, Atang Abdul dan Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2004.
Hanik, Siti Ui dan Jati Handayani, Keputusan Nasabah Dalam Memilih Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri). Jurnal JABPI Vol. 22, No. 2, Juli 2014, Politeknik Negeri Semarang.
Hasibuan Melayu S.P. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Hasibuan, Melayu, S.P., Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Inayah, Nurul dan Sri Sudiarti, Analisis Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Di PT. BPRS Puduarta Insani). Jurnal At-Tawassuth, Vol. 2, No. 1, 2017, Pasca Sarjana UIN Sumatera Utara.
Ismail, Perbankan Syariah, Jakarta : Kencana Prenada Media, 2013.
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Jtiptono dan Fandy, Strategi Pemasaran ,Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2011.
Kasmir, Manajemen Perbankan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Kuncoro, Mudrajad, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: Erlangga, 2003.
Manullang, M., Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983.
Morrison, Metode Penelitian Survei, Jakarta : Kencana, 2014.
Muhammad, “Permasalahan Agency dalam Pembiayaan,” Proc. Of International Seminar On Islamics a Solution, Medan, 2005.
Ningsih, Diah Wahyu, Analisis Prilaku Nasabah Dalam Pembiayaan di Bank Syariah Mandiri. Media Trend Vol. 9 No.1, Universitas Trunojoyo Madura, 2014.
Noor, Juliansyah, Metodologi Penelitian, Jakarta : Kencana, 2015.
Philip dan Kotler, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2002.
Priyatno, Duwi, SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis, Yogyakarta : Andi Offset, 2014.
Rivai, Harif Amali, dkk., “Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syariah VS Bank Konvensional”. Kerjasama BI dengan Center For Banking Research Andalas University.
Schiffin, Leon dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Indeks, 2008.
Setiadi, Nugroho J., Perilaku Konsumen, Jakarta: Kencana, 2003.
Silvana, Ktut, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta: Erlangga, 2009.
Siregar, Syofian Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Siswanto, B., Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Sudarsono, dan Edilius. Kamus Ekonomi, Uang dan Bank, Jakarta: PT. Asdi Mahastya, 2007.
Sule, Ernie Trisnawati dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005.
Susanto, Herry dan Khaerul Umam, Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Swasta dan Hani Handoko, Manajemen, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2000.
Syafaruddin, Pengambilan Keputusan Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo, 2004.
Tanjung, Henri dan Abrista Devi, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Gramata Publishing, 2013.
DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i2.1100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.