ANALISIS PROSPEK DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JASA SYARIAH
Abstract
Abstract
Public awareness to run shari'ah in life gives laundry entrepreneurs opportunity to open a syariah-based laundry service business. Islamic laundry service businesses have very good prospects if they use a strategy that is in line with the company. This study aims to see how the prospects and strategies carried out by Shari'ah-based laundry services in Medan. The method used in this study is a SWOT analysis. After conducting research, the Shari'a-based laundry service business has very good prospects in terms of increasing turnover, increasing the number of consumers and broad market share. Shari'ah laundry service business has the prospect of developing, therefore one of the strategies that can be done is to open a branch of the company in order to improve service, and also improve the quality and trust of consumers.
Keyword : Shari’ah Laundry, Strategy, SWOT Analysis
Abstrak
Kesadaran masyarakat untuk menjalankan syari’ah dalam kehidupan memberi peluang kepada pengusaha laundry untuk membuka usaha jasa laundry berbasis syari’ah. Usaha jasa laundry syariah memiliki prospek yang sangat baik jika menggunakan strategi yang sesuai dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana prospek dan strategi yang dilakukan usaha jasa laundry berbasis syari’ah di kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Setelah dilakukan penelitian, usaha jasa laundry berbasis syari’ah memiliki prospek yang sangat baik baik dilihat dari segi peningkatan omzet, peningkatan jumlah konsumen dan pangsa pasar yang luas. Perusahaan jasa laundry syari’ah memiliki prospek untuk berkembang, untuk itu salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah membuka cabang perusahaan dalam rangka meningkatkan pelayanan, dan juga meningkatkan kualitas dan kepercayaan konsumen.
Kata Kunci : Laundry syari’ah, Prospek, SWOT
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i1.1651
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.