PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR “POTENSI” PANYABUNGAN

Muhammad Isa (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

Good quality service will produce consumers who are always satisfied, and satisfied consumers usually become loyal consumers who are not tempted by promotions from other companies. The purpose of this research was to determine whether service quality give effect to student’s satisfaction study at LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR “POTENSI”. This research was quantitative research with 48 persons as samples. Then, the data collected by using questionnaires. The data analyzed by using simple regression and correlation through SPSS 17.0. The result of this research showed that service quality had a significant effect to student’s satisfaction study at LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR “POTENSI”. Service quality give effect or contribution to student’s satisfaction study at LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR “POTENSI” about 66,3% and about 33,7%  was effected by another variables.

 Keywords : Service Quality, Satisfaction, Students 

Abstrak

Kualitas pelayanan yang baik akan menghasilkan konsumen yang selalu merasa puas, dan konsumen yang puas biasanya menjadi konsumen yang loyal yang tidak tergiur dengan promosi-promosi dari perusahaan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa belajar di LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR “POTENSI”. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan ukuran sampel sebanyak 48 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi sederhana dengan bantuan software SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa belajar di LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR “POTENSI”. Kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan siswa belajar di LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR “POTENSI” sebesar 66,3% dan sisanya 33, 7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

                                                       

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Siswa


Keywords


service quality; satisfaction; students

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i1.1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter