CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH

Rokhmat Subagiyo (IAIN Tulungagung)
Ahmad Budiman (IAIN Tulungagung)

Abstract


Abstract

Every company activity must be adjusted. Every change in the business environment is fast and accurate. Bank Syariah Mandiri Financing Bank (BPRS) successfully conducted fundraising activities and channeled funds to the public. There are some things that are more satisfying than expected by the company, quality of service and distribution. The purpose of this study was to examine the effect of significant company funds on Customer Satisfaction, assess the importance of good service to Customer Satisfaction and obtain a significant distribution channel to Customer Satisfaction. The research method uses quantitative research and associative research types. Data analysis techniques cursed multiple linear regression analysis using SPSS version 23. The results showed that company image has a significant effect on customer satisfaction, service quality is significantly related to sales satisfaction and distribution distribution significantly on customer satisfaction. Keywords: Company Image, Service Quality, Customer Satisfaction 

Abstrak

Setiap kegiatan perusahaan bisnis harus mampu mengadopsi setiap perubahan dalam lingkungan bisnis secara cepat dan akurat. Bank Pembiayaan Syariah (BPRS) Mandiri Mitra sukses melakukan kegiatan penghimpunan dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kepuasan nasabah diantaranya adalah citra perusahaan, kualita pelayanan dan saluran distribusi. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh signifikan dana Citra perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah, menguji pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah dan  menguji Saluran Distribusi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Teknik analisis data memaki analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dan saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.

 

Kata Kunci:  Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah


Keywords


Citra Perusahaan; Kualitas Pelayanan; Saluran Distribusi dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Revisi). Bandung: Alfabeta.

Andayani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Birokrasi, 17(2). https://doi.org/10.20476/jbb.v17i2.632

Andreassen, T. W. (1994). Satisfaction, Loyalty and Reputation as Indicators of Customer Orientation in the Public Sector. International Journal of Public Sector Management. https://doi.org/10.1108/09513559410055206

Anisa, & Rushadiyati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Saluran Distribusi Terhadap Kepuasan Agen Sancu Creative Indonesia. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 11(1).

ASIR, M. (2017). Pengaruh Saluran Distribusi, Kualitas Produk Dan Kebijakan Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus PT. Centa Brasindo Abadi). Jurnal Pasca Unhas.

Bahtiar, A., & Rahardja, E. (2017). Pengaruh Brand Equity, Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Vape (Studi PadaVape Store 5Time). Bahtiar Ahmad, Edy Rahardja, 6(4).

Bajra, B., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Pengaruh CSR (Corporate Social Responsibility) Terhadap Citra Perusahaan ( Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar PT . Adaro Indonesia di Kalimantan Selatan ). Jurnal Administrasi Bisnis(JAB), 30(1). https://doi.org/10.3892/or.2015.4130

Harnoto, F. (2014). Strategi Kepuasan Pelanggan Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 21(36).

Hartono, I. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. https://doi.org/10.1080/00074918.2013.809844

Haryono, T. (2015). Pentingnya Menjaga Dan Meningkatkan Hubungan Baik Dengan Konsumen Dalam Masa Krisis. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 3(1). https://doi.org/10.15294/jejak.v3i1.4666

Irawan, Faried Wijaya, S. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE.

Jasfar, F. (2005). Manajemen jasa: pendekatan terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing 7e (B. Sabran, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kristanto, J. O. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe One Eighteenth Coffee. Jurnal Manajemen, 3(4).

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moorthy, K., Chun T’ing, L., Ai Na, S., Tze Ching, C., Yuin Loong, L., Sze Xian, L., & Wei Ling, T. (2018). Corporate image no longer leads to customer satisfaction and loyalty: a Malaysian perspective. International Journal of Law and Management, 60(4). https://doi.org/10.1108/IJLMA-04-2017-0082

Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: CV. AlfaBeta.

Olatokun, W. M., & Ojo, F. O. (2014). Influence of service quality on consumers’ satisfaction with mobile telecommunication services in Nigeria. Information Development, 32(3). https://doi.org/10.1177/0266666914553316

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implication for future research. Journal of Marketing. https://doi.org/10.2307/1251430

Ruiz Díaz, G. (2017). The influence of satisfaction on customer retention in mobile phone market. Journal of Retailing and Consumer Services, 36. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.01.003

Safitri, F., Rahayu, M., & Indrawati, N. K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Service Center [ Studi Pada Pelanggan Samsung Service Center di Kota Malang ]. Jurnal Ekonomi Bisnis, 21(1).

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2007). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Subagiyo, R. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Bauran pemasaran, dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPRS Mitra Syariah di Gresik. Sunan Ampel.

Subagiyo, R. (2017). Metode Penelitian Ekonomi Islam: Konsep dan Penerapan. Jakarta: Alim’s Publishing.

Subagiyo, R., & Adlan, M. A. (2017). Pengaruh Service Quality, Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(1). https://doi.org/10.21067/jem.v13i1.1567

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta. Jakarta: Alfabeta.

Sujianto, A. E. ; R. S. (2014). Membangun loyalitas nasabah. Yogyakarta: Lentera Kreasiondo.

Tanjaya, V., & Wijaya, W. (2019). Pengaruh Saluran Distribusi Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi. Jurnal Manajemen, 5(2).

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. In CV. Andi Offset. Yogyakarta. https://doi.org/10.1177/0300985809357753




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i2.1844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter