Analisis Kajian Manajemen Proses Bisnis Pelaksanaan Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pada Perguruan Tinggi Swasta

Kosidin S.T., M.Kom. (Program Doktor Manajemen Pascasarjana UPI, Indonesia)
Wawan Setiwan (, Indonesia)
Puspo Dewi Dirgantari (, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilakukan menganalisis kajian tentang manajemen proses bisnis pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM) pada sebuah organisasi perguruan tinggi swasta studi eksisting di STMIK Jabar, dimana proses bisnis pelaksanaan penelitian dan PKM ini masih ada proses secara eksisting yang dipandang perlu untuk perbaikan agar dapat meningkatkan kinerja pelaksanaan penelitian dan PKM. Tujuan penelitian ini memberikan rekomendasi secara menyeluruh tentang siklus hidup proses bisnis pelaksanaan penelitian dan PKM. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana penelitian ini berusaha mendeskripsikan kejadian, pristiwa, dan gejala yang terjadi pada saat sekarang (Sulistyo, 2017:15). Hasil penelitian ini berupa rekomendasi proses bisnis pelaksanaan penelitian dan PKM dengan model BPMN dan Value Chain. Dampak yang diharapkan dari hasil penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan penelitian dan PKM bagi Perguruan Tinggi Swasta khususnya

Keywords


Manajemen; Proses Bisnis; BPMN

Full Text:

PDF

References


Blumberg Eric J., Alan C. Kelly, Olmstead Ryan, and Youmans Robert J., 2013 “Usability Analysis of a Business Process Management Software Platform”, PROCEEDINGS of the HUMAN FACTORS and ERGONOMICS SOCIETY 57th ANNUAL MEETING – 2013.

Christiansson Marie-Therese, Rentzhog Olof, 2019, Lessons from the “BPO journey” in a public housing company: toward a strategy for BPO, Business Process Management Journal Vol. 26 No. 2, 2020 pp. 373-404.

Esbenshade Jill, Vidal Matt, Fascilla Gina, Ono Mariko, 2016, “Customer-driven management models for choiceless clientele? Business process reengineering in a California welfare agency”, Work, employment and society 2016, Vol. 30(1) 77–96.

Fernández Alberto De Ramón, Fernández Daniel Ruiz, García Yolanda Sabuco, 2019, “Business Process Management for optimizing clinical processes: A systematic literature review”, Health Informatics Journal 1–16.

Kamrani Farzad, Ayani Rassul and Moradi Farshad, 2011, “A framework for simulation-based optimization of business process models”, Simulation: Transactions of the Society for Modeling and Simulation International 88(7) 852–869.

Nkurunziza Gideon, Munene Jhon, Ntayi Josseph and Kabureka Will, 2019, “Business process reengineering in developing economies Lessons from microfinance institutions (MFIs) in Uganda” INMR 16,2. Received 14 March 2018, Revised 1 September 2018, 24 January 2019, 15 February 2019, Accepted 12 March 2019.

Porter,E. Michael, 1985, “The Value Chain and Competitive Advantage Creating and Sustaining superior Performance”.

Rondero Claudia Lizette Garay, Flores Jose Luis Martinez, Smith Neale R, Santiago Omar Caballero Morales and Alejandra Aldrette-Malacara, 2019, ” Digital supply chain model in Industry 4.0” Journal of Manufacturing Technology Management Emerald Publishing Limited 1741-038X DOI 10.1108/JMTM-08-2018-0280.

Sulistyo Agung, 2017 “Analisis Marketing 3.0 Pada Perusahaan PT. Radio Suara Usaha Indrakila (Kr Radio 107,2 Fm) Yogyakarta”, Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang, September 12-19.

White A. Stephen, 2006, “Introduction to BPMN, IBM Software Group”




DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v6i1.2402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter