THE IMPLEMENTATION OF A PROCESS APPROACH: A CASE STUDY IN TEACHING A DESCRIPTIVE TEXT TO FIRST GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Penelitian ini berhubungan dengan implementasi pendekatan proses dalam pembelajaran menulis, yang dilaksanakan di level sekolah menengah pertama. Penelitian ini bersifat kualitatif karena fokusnya adalah mengamati proses menulis yang berlangsung di dalam kelas, dan terkonsentrasi untuk mencari-tahu bagaimana langkah-langkah dalam pendekatan proses mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan, dengan jumlah partisipan sebanyak 35 siswa. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan proses dalam banyak hal ternyata mampu meningkatkan kemahiran siswa dalam menulis teks deskriptif. Namun demikian dalam konteks pembelajar EFL. Demikianlah, sangat diharapkan penelitian yang berskala lebih besar sehubungan dengan pendekatan ini, untuk memperolah hasil yang lebih signifikan.
Kata Kunci: descriptive text, process approach dan teaching writing.
Full Text:
PDFReferences
BIBLIOGRAPHY
Brown, H. D. 2001. Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language
Pedagogy. New York: Longman.
Czerniewska, P. 1999. Writing: Process Approach in Bernard Spolsky. Concise
Encyclopedia of Educational Linguistics. Glasgow: Cambridge.
Graves, D. 1983. Children Want to Write? Victoria: Primary English Teaching
Association.
Johnson, K. 2001. An Introduction to Foreign Language Learning and Teaching.
Oxford: Oxford University Press.
Jordan, R.R. 1997. English for Academic Purpose: A Guide and Resource Book for Teachers. Cambridge: Cambridge.
Kroll, B. 1991. Teaching Writing in the EFL Context. Boston: Heinle and Heinle.
Murray, D.F. 1990. Literacy as Sociocultural Phenomena Prospect. Vi (1). September, Nunan, D. 1988.
The Learner Centered Curriculum. Melbourne: Cambridge University Press.
Nunan, D. 2000. Language Teaching Methodology. London: Pearson Education. Limited. Parris.
Richards, J. 1990. The Language Teaching Matrix. USA: Cambridge.
Ronk, T. 2003. Essay Writing: Step-by-Step. New York: Simon and Schuster.
Rose, D. 2008. Reading to Learn: Accelerating Learning and Closing the Gap.
www.readingtolearn.com.au.
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v2i2.120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats