SENSES ON HOT ISSUES
Abstract
Pemahaman makna atau pengalaman di dunia ini secara alami sangatlah penting dimiliki oleh setiap orang. Setiap orang mempunyai media sensor makna atau pengalaman secara alami, yakni dengan sense. Sense juga disebut sebagai media pemahaman termasuk penglihatan, pendengaran, perasa, pencium dan peraba. Proses sense secara umum dimulai dari issu hangat dan dilanjutkan dengan pemberian kode pada otak. Setelah berada di otak, pastilah dia merupakan sebuah makna atau pengalaman. Pertama, makna atau pengalaman akan depersepsikan sebagai persepsi pribadi, ini tergantung pada pengetahuan dasar orangnya yang disebut pemahaman pribadi. Kedua, akan ada tanggapan terhadap issu yang dipahami. Tanggapan itu secara otomatis berada kekal dengan orang lain. Beberapa orang menanggapi sejalan dengan issu dan yang lainnya menanggapi secara berbeda. Tentunya kedua tanggapan itu harus ada. Tetapi, jika tidak ada tanggapan dari sebuah issu, itu berarti orang tersebut belum atau tidak berproses dengan issu. Ketiga, dengan memberikan tanggapan, akan dilanjutkan dengan tindak lanjut. Ini berarti setiap orang yang sudah memahami akan secara alami menanggapi dan memberikan tindak lanjut atas apa yang dia pahami khususnya jika itu berkaitan dengan kehidupannya. Kehidupan maksudnya disini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research in Education: An Introduction to Theory and Method, Boston: Allyn & Bacon
Gerrot, L and Wignell, P. 19994. Making Sense of Functional Grammar. Australia: Gerd Stabler
Halliday, M.A.K. 1985. An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold
Halliday, M.A.K. 1994. An Introduction to Functional Grammar. Second Edition. London: Edward Arnold
Halliday, M.A.K and Matthiessen, Christian M.I.M. 1999. Consturing Experience through Meaning. London: Continum
Halliday, M.A.K and Matthiessen, Christian M.I.M. 2004. An Introduction to Functional Grammar. Third Edition. London: Edward Arnold
Saragih, Amrin. 2005. Introduction to Functional Grammar. Medan: Pasca Sarjana UNIMED
Saragih, Amrin. 2006. Bahasa Dalam Konteks Sosial. Medan: Pasca Sarjana UNIMED
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v3i01.1283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats