Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Padangsidimpuan

Torang Siregar (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bertujuan untuk hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika, hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Matematika, hubungna motivasi berprestasi dan kebisaan belajar secara bersama-sama dengan hasiln belajar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis korelasional, sebab menyelidiki hubungan antara variable bebas dengan variable terikat. Sampel penelitian ini sebanyak 40 orang siswa kelas X-1 SMAN 1 Padangsidimpuan atau sebanyak 25% dari jumlah populasi sebanyak 160 orang siswa.  Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen penenlitian berupa angket untuk variable motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar serta tes hasil belajar untuk mengdapatkan data hasil belajar Matematika siswa. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis regresi ganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu data diuji normalitasnya dengan uji normalitas galat taksiran. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Matematika yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,538. (2) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar Matematika yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,509, (3) terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Matematika yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,517.


Keywords


Hubungan, Motivasi, Prestasi, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal (2020). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan Cendikia

(PDF) MENGENAL DAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR | AGUSTIN MARIA NINGSIH - Academia.edu - Sumber ini membahas tentang kesulitan belajar matematika siswa di sekolah dasar.

(PDF) MENGENAL DAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR | AGUSTIN MARIA NINGSIH - Academia.edu - Sumber ini membahas tentang kesulitan belajar matematika siswa di sekolah dasar. Penulis: Agustin Maria Ningsih.

Abdussakir. 2009. Matematika 1: Kajian Integratif Matematika dan Al-Qur’an. Malang: UIN-Maliki Press.

Abs, H. J. (2004). Curriculum work and instructional design as different perspectives on teaching. Dalam N. M. Seel & S. Dijkstra (Eds.), Curriculum, plans, and processes in international design (hal. 211-226). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Alawiah, Tuti. 2011. Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Terkait (Conneted) terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jakarta: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Amin, Siti. 2020. Kegiatan Belajar Mengajar Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. (makalah). FMIPA UNESA, Surabaya.

Arikunto, dkk.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Aqib, dkk. 2010.

Arikunto, S. dkk. 2023. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi (2021). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2023. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta :
PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Ed. Revisi. Cet. 11. Jakarta: Bumi Aksara. ________. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ari, Abdurrahman. 2000. Pembelajaran Matematika yang Demokratis. (makalah). FMIPA UM, Malang.

As’ari, Abdurrahman. 2013. Penggunaan Komputer (Multi Media) Dalam Konteks Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Cooperative Learning. (makalah). FMIPA UM, Malang.

Atkitson, Rita L., dkk (2021). Pengantar Psikologi, Terjemahan Nurjannah Taufik, Jakarta: Erlangga.

Azwar, Saifuddin. 2013. Metode Penelitian. Cet. XIV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Beiser, A., and Addison. (2019). Basic Concept of Mathematics. 2rd edition. California: Wesley Publishing Company.

Bernadin, H. John dan Russel, E. A. (2021) Human Resources Management, An EX-1periential Approach, Singapore, Mc. Graw Hill Internatonal Editions, Mac Graw Hill Book Co

Brigss, Leslie (2021). Principles of Instructional Design, New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Budikase, I., dan Kertiyasa, N. (2021). Matematika untuk Sekolah Menengah Atas Kelas I. Jakarta: Depdikbud.

Cambridge: Cambridge University Press.

Checkley, K. (2006). The essentials of mathematics, grades 7-12: Effective curriculum, instruction, and assessment. AleX-1andria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Confrey, J. & Stohl, V. (Eds.). (2004). On evaluating curricular effectiveness: Judging the quality of K-12 mathematics evaluations. Washington, D.C.: The National Academies Press.

Covey, S.R., (2019). Tujuh Kebiasaan Manusia yang Efektif. (penerjemah: Budijanto). Jakarta: Binarupa Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2024). Kamus bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Depdikbud. 2010/2018. Media dalam Proses Pembelajaran I. Jakarta, Direktorat Pendidikan dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2013 (K-13). Kurikulum 2013 (K-13) SMA. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. 2020. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum Balitbang Depdikas.

Depdiknas. 2020. Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Depdiknas. 2020. Ringkasan Penilaian Berbasis Kelas. Pusat Kurikulum Balitbang Depdikas.

Depdiknas., (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Umum Matematika. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

DeProter, B., Hernacki, M., (2020)., Quantum Learning, Bandung: Kaifa.

DeskrMIPAi Tentang Aktivitas Kemadirian Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Vol. 5 No.1 Maret 200 8 Hal. 64-69 Fitriantoro, Suminto. 2010.

Diakses tanggal 20 Februari 2012 Kardiman. 2023. Prinsip-prinsip Akuntansi. Jakarta : Yudistira Kunandar, 2024.

Diakses tanggal 22 Februari 2012 Diedirch, B. Paul. 1967. Educational Psycology dalam Yunginger, Raghel. 2024.

http://www.nationalforum.com/Electronic%20

Journal%20Volumes/Lunenburg,%20Fred%20C.%20Curriculum%20Develo-pment- Deductive%20Models%20Schooling%20V2%20N1%202011.pdf

Dick, W., and Reiser, R.A. (2021). Planning effective instruction. Boston: Allyn and Bacon.

Dijkstra, S. (2004). The integration of curriculum design, instructional design, and media choice. Dalam Dalam N. M. Seel & S. Dijkstra (Eds.), Curriculum, plans, and processes in international design (hal. 145-170). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Djaali (2000). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi
Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djoko Moesono, Siti M. Amin. (2013). Matematika 5, Mari Berhitung SD Kelas IV. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Djunaid, Hamzah. 2014. Konsep Pendidikan dalam Al-Qur’an, Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1.

Erickson, B. H. dan Nosamchuk, T. A. (2015). Memahami Data Statistik Untuk Ilmu Sosial, Jakarta: LP3ES.

Ernawati. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Negeri Parung Kelas VII dalam Materi Segitiga dan Segi empat. Jakarta: Skripsi Tidak di Terbitkan.

Fadlilah, Nur. 2015. Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Volume Prisma dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Diakses dari www.ejournal.unsri.ac.id.

Fuadiah, Nyiayu Fahriza. 2017. Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis Di Sekolah Menengah, Jurnal Mosharafa, Vol. 6, No. 1.

Gagne, Robert M. (2021). Principles of Instructional Design, New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, Thursan (2020). Belajar Cara Efektif, Jakarta: Puspa Swara.,

Halaman_Depan.pd . Diakses 20 Februari 2012 Nurdahlia. 2009. Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Giving Questions and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. http://sucikorafi.multiply.com/journal/item/4. Diakses 15 Februari 2012

Hamalik, Oemar. 1980. Media Pendidikan. Bandung, Alumni.

Hamalik, Oemar. 2024. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Hasan, Syamsuri.2011. Model Cooperative Learning Tipe Group Investigarion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perawat dan Perbaikan Sistem Refrigerasi. Volume VII Nomor 2 : INVOTEG. Diakses Tanggal 22 Februari 2012

Harjana, A.M. (2019). Kiat Sukses di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Kanisius.

Harmini, Sri dkk. 2013 (K-13). Model bermain Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah di Kelas III SD Negeri Tlogomas Kota Medan. Laporan Penelitian. Medan. Universitas Negeri Medan.

Harper and Crow, Lester, D., (1960). An Introduction to Guidance. New York.

Haviluddin. 2010. Active Learning Berbasis Teknologi Inf ormasi (ICT). Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 5 No.3 September 2010.

Howson, G., Keitel, C., & Kilpatrick, J. (2015). Curriculum development in mathematics.

http://sejarahklasik.blogspot.com/2010/03/penerapan -metode-giving-questionand.html. Diakses tanggal 15 Februari 2012

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Ibda, Fatimah. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget, UIN Ar-Raniry, dalam jurnal.ar-raniry.ac.id.

Ibrahim, Muslimin; Fida Rachmadiarti; Mohamad Nur; Ismono. 2000. Pembelajatan Kooperatif. PSMS, Program Pasca Sarjana. Suarabaya: UNESA-University Press.

IMAN, ILMU, dan AMAL FT-UNDAR - Sumber ini adalah situs web FT-UNDAR yang berisi informasi terkait iman, ilmu, dan amal.

Indriani, Novi. 2017. Penelitian Desain Mengenai Keliling Lingkaran Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD Budya Wacana Yogyakarta. Yogyakarta: Tesis Tidak di Terbitkan.

Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Brahim, Theresia. 2023.

Jacobs, H. H. (2010a). A new essential curriculum for a new time. Dalam H. H. Jacobs (Ed.), Curriculum 21: Essential education for a changing world (hal. 7-17). Virginia, VA: ASCD.

Jacobs, H. H. (2010b). New school versions: Reinventing and reuniting school program structures. Dalam H. H. Jacobs (Ed.), Curriculum 21: Essential education for a changing world (hal. 60-79). Virginia, VA: ASCD.

Keajaiban Matematika Dalam Alqur'an - Boombastis - Sumber ini memberikan sedikit penambah keimanan bagi mereka yang mau membuka akalnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika SMP/ MTs Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika.

Khairunnisa, Afidah. 2015. Matematika Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusumaningtyas, Isti Hardiyanti. 2011. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas Bilingual VIII SMPN 1 Wonosari. Yogyakarta: Skripsi Tidak diterbitkan.

Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada Muktiani, Endah. 2012.

Lunenbur, F. C. (2011). Curruculum development: Deductive models. Schooling, 2(1), 1-7.

M. Mukti Aji, Henny Listyastuti. (2013). Matematika 4b Kelas IV Semester 2. Klaten : Intan Pariwara.

Ma’had Tahfidh Yanbu’ul Qur’an. Al-Qur’an Al-Quddus. Tt. Kudus: Mubarokatan

Manik, Dame Rosida. 2009. Penunjang Belajar Matematika: Untuk SMP/ MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Maslow, Abraham H. (2019). Motivasi dan Kepribadian: Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia, Terjemahan Seri Manajemen, Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Masykur Ag, Moch. dan Abdul Halim Fathani. 2008. Mathematical Intelligence : Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Cet. 2. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

McClelland, David C., dkk. (1975). The Achievement Motive, New York: Irvington, Inc.

Megawati, Priarti. Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia, Jurnal Formatif, dalam journal.Ippmunindra.

Mengenal Bahasa Alam Semesta Lewat Matematika - identitas Unhas - Sumber ini membahas tentang bagaimana matematika dapat menjelaskan fenomena alam dengan sangat sempurna.

Menjelajahi Keajaiban Alam melalui Lensa Makro Direktorat Kampus ITB - Sumber ini membahas tentang fenomena ajaib dalam alam dan penggunaan mikroskop. Penulis: Dr. Taufikurahman.

Miarso, Yusufhadi, (2022). Teknologi Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosdakarya. Murizal, Angga dkk. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1.

Mulyasa, E. 2020. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung, Rosdakarya.

Mulyono, A., (2020)., Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 2021. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara.

Nasution, S., (2021). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novita, Rita dan Mulia Putra. 2017. Peran Desain Learning Trajectory Nilai Tempat Bilangan Berbantukan Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep Nilai Tempat Siswa Kelas II SD, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 11, No. 1.

Null, W. (2011). Curriculum: From theory to practice. Lanham: Rowman & Littlefield Publisher, Inc.

Nuraeni, Reni dan Irena Puji Luritawaty. 2017. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa antara yang Menggunakan Pembelajaran Inside-Outside-Circle dengan Konvensional, Jurnal Mosharafa, Vol. 6 , No. 3.

Nurdin. 2011. Trajektori dalam Pembelajaran Matematika, Vol. 1, No. 1.

Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. Bloom, Benyamin. 1975. TaX-1onomi of Education Objective dalam Sadirman A,M.2009.

Penerapan Meode Giving Questions and Getting Answer Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan.

Penerapan Metode Pembelajaran Giving Question and Gtting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X-1I MIPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. etd.eprints.ums.ac.id/17318/1/02._

Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur - No.09/Tahun ke-6/Desember 2023.

Permana, Budi. 2001. Seri Penuntun Praktis Microsoft Word 2013. Jakarta :
PT Gramedia.

Philippines: Central Luzon State University.

Pidarta, Made. (2018). Landasan Kependidikan. Stimulus Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Radyastuti, W. dkk. 2000. Pedoman Pelaksanaan Tindakan Kelas. Medan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi.

RELASI IMAN DAN ILMU PENGETAHUAN DALAM ... - Sumber ini adalah sebuah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Roestiyah, N.K. (2022) Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Cet. II, Jakarta: Bina Aksara.

Russeffendi. 2017. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran matematika. Bandung, Tarsito.

Sagala, H.Syaiful. 2023. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung :
CV Alfabeto

Siagian, Sondang P. (2021). Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: Bina Aksara.

Slameto (2017) Bimbingan di Sekolah, Cet. I, Jakarta: Bina Aksara

Smith, D. S. (2020). Mathematics and scientific literacy. Dalam C. Hoyles, C. Morgan, & G. Woodhouse (Eds.). Rethinking the mathematics curriculum. London: Falmer Press.

Soal Post Test Modul 3 Numerasi dalam Pembelajaran | Mikirbae.com - Sumber ini membahas tentang penerapan numerasi secara konsisten dan menyeluruh di sekolah untuk mendukung pengembangan literasi numerasi.

Sodikin. 2013 (K-13). Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Geometri di Kelas IV SD. Tesis, PPs Unesa, Surabaya.

Soedjadi, R. 2020. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Soejadi. S 2022. Program Perbaikan bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar, Jakarta.: IKIP Jakarta

Soetjipto dan Raflis Kosasi (2000) Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta

Somerset, A. 2018. Strengthening Quality in Indonesia’s junior Secondary School on Overvies Issues Initiatives. MOEC, Jakarta.

Sudjana, N. 2013 (K-13). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung, Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2005. Metode Penelitia., Bandung :
PT Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, Winarno (2019). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito.

Suwanda, Dodo. 2023. Diktat Belajar Komputer jilid 3 dan 4.

Tangkilisan, Hesel Nogi S. (2013) Manajemen Sumber daya Manusia Birokrasi Publik, Yogyakarta: Yayasan Pembaruan Administrasi Publik & Lukman Offset.

Thorndike, Robert L., & Elizabeth P. Hegan, (1977), Measurement and Evaluation in Pshycology and Education. New York: Jhon Willey & Sons.

Thoyyibah. Manalu, Yunita Sari, dkk. Penerapan Pendekatan Active Learning Tipe Index Card Match dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII. Universitas Brawijaya.

Tilaar, H.A.R. (2020). Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.

TIM BINA KARYA GURU. (2013). Trampil berhitung Matematika kelas 4 Semester 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Tim Instruktur PKG.1992. Pedoman Pelaksanaan Diskusi Kelompok,Yogyakarta, P3G Matematika

Uin-antasari - Sumber ini adalah jurnal yang membahas aspek-aspek pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Bandung: Fokusmedia, 2013.

Unnes - Sumber ini adalah tesis sarjana yang membahas analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar.

Uraneck, O.W. and Goeller, G.C. (1980). Membina Pribadi Dinamis dan Kreatif. (penerjemah: Wimanjaya K.L.). Jakarta: Gunung Jati.

Usman, Uzer Moh. (2020). Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Viray, F. C. & Gamit, E. T. (2018). Module in ED 740-curriculum design and development.

Watkiri, H. dkk (2022)., Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Iniversitas Terbuka.

Webster’s (1961) New World Dictionary, New York: The World Publishing.

Wilkinson, Gene L. (1980). Media Dalam Pembelajaran, Penelitian Selama 60 Tahun, Jakarta: Rajawali Press.

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung, Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i1.10977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Torang Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: educofa@uinsyahada.ac.id

 

Educofa by Uin Syhada is licensed under CC BY-SA 4.0