Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Kompetensi pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Hasil Belajar

Balyan Oslerking Siregar (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Ahmad Sofyan Siregar (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Muhammad Asroi Rambe (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Azwar Harahap (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Dalam penelitian ini, hasil belajar siswa atau peserta didik dilakukan dengan uji t-tes terhadap skor nilai harian dengan menerapkan metode pembelajaran Discovery Learning. Kemudian kompetensi inti yang diharahapkan dari peserta didik yaitu: mampu mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah, serta mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif. Sedangkan kompetensi dasar yang diharapkan yaitu peserta didik mampu menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah. Data nilai hasil belajar yang diperoleh di lapangan dari peserta didik kelas XI-3 pada MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan berjumlah 20 orang sesuai dengan absensi kelas. Adapun hasil belajar atau skor yang di dapatkan dengan nilai kritis t dengan db 20 pada taraf signifikansi 5% adalah = -3, 984, 1% =2,750. Nilai t-hitung yang diperoleh adalah = . Hal itu berarti nilai t-hitung (thit) lebih besar daripada nilai t-tabel pada hasil taraf signifikansi (tt) 5%: thit ), dan pada hasil taraf signifikansi nilai t-tabel 1% masih lebih besar nilai t-tabel 1%. Hasil thit > tt 2,860935 pada t-tabel 1%. Nilai t-hitung yang berdasarkan bukti empirik yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa hasil akhir menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-3 ketika menerapkan metode discovery learning dan dapat diterima dengan rata-rata 78,6.


Keywords


Discovery Learning, Hasil belajar, Materi ajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi(ed ke-3), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Pt Bumi Aksara, cet.1, 2018.

B.Uno, Hamzah dan Ninaa Lamatenggo, Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek Yang Memengaruhi, Jakarta: Pt Bumi Aksara,cet. Ke-2, 2018.

B.Uno, Hamzah dan Nurdin Mohammad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, Jakarta: Pt Bumi Aksara, cet. Ke-4, 2013.

Doughlas, Fisher, et.al, Visible Learning for Literacy, Grades K-12: Iplementing the practices that work best to acclerate Student Learning,California: CorwinA SAGE Company, 2016.

Hamdayana, Jumanta, Metodologi Pengajaran, Jakarta: Pt Bumi Aksara, cet. Ke-2, 2017.

Hasbullah, H.M., (ed), Kebijakan Pendidikan: Dalam Persfektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers, cet. Ke-2, 2016.

Hasibuan, Zainal Efendi, Metode Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an dan Hadis, Medan: CV Mitra Medan, cet. Ke-1, 2013.

-------,Kepemimpinan Pendidikan dalam Persfektif Hadis, Medan: Cv Mitra, 2013.

Kesumawati, Nila, et.al, Pengantar Statistika Penelitian, Depok: Pt Raja Grafindo Persada, cet. Ke-2, 2018.

KMA nomor 347 tahun 2022 tentang Pedoman Impementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

Magdalena, et.al, Metode Penelitian: untuk penulisan laporan penelitian dalam Ilmu Pendidikan, cet. Ke-1, Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi, 2021.

Nasution, S, (ed), ke-1, Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Majid, Abdul, Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet. Ke-3, 2017.

Mariyana, Rita, et.al, Pengelolaan Lingkungan Belajar, Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group, cet. Ke-3, 2013.

Mulyasa, H.E., Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: Pt BumiAksara, cet. Ke-5, 2013.

Rahmat, Pupu Saeful, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara, cet. Ke-1, 2018.

Rusman, et.al, Pembeljaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru, Depok: Pt Raja Grafindo Persada, cet. Ke-3, 2013.

Sikumbang, Risman, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Bogor Penerbit Ghalia Indonesia, cet. Ke-2, 2015.

Siti Khasinah, Discovery learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan, Banda Aceh: Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, vol.11, no.3, 2021.

Sudijono, Anas (ed), Pengantar Statistik Pendidikan, Depok: Pt Raja Grafindo Persada, cet. Ke-26, 2018.

Syafiq Nashan, et.al, Analisis Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode PBL Kelas V SD 2 Bulung Kulon, Surabaya: UM Surabaya, Confrence Of Elementary Studies: Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum di Sekolah Dasar, 2023.

Supardi, ed, Penilaian Autentik, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers, cet. Ke-2, 2015.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Tingkaat Pendidiakn (KTSP). Jakarta: Pt Bumi Aksara, cet. Ke-7, 2015.

Wena, Made, (ed), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara, cet. Ke-10, 2016.

Zulhimma, Sejarah Pendidikan Islam: Analisis Kebijakan Pendidikan Islam, Jakarta: penerbit Kencana, cetakan pertama, 2021.

Situs Web

https://byjus-com.translate.goog/maths/confidence-interval/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_xtr_pto=tc.

https:/codingstudio.id/blog/spss-pengertian-kelebihandan-kekurangannya/.




DOI: https://doi.org/10.24952/fahmina.v2i2.12953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Balyan Oslerking Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 email: fahmina@uinsyahada.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.