Asas Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan agama Islam menghadapi tantangan disrupsi di era revolusi industri 4.0. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital berarti setiap orang dapat mengakses semua jenis informasi dan terhubung dengan cepat melalui internet dan inovasinya (internet of things). Efek teknologi berpotensi positif dan negatif bagi manusia. Pendidikan agama Islam harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki keimanan dan akhlak serta menjadi intelektual muslim. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam merupakan upaya menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 yang identik dengan teknologi informasi yang canggih. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan dengan mengumpulkan dan menganalisis data perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan perlunya penyesuaian kurikulum pendidikan agama Islam di era digital saat ini, dari tujuan pendidikan Islam yaitu untuk menjadikan orang terdidik menjadi intelektual muslim, metode pembelajaran menggunakan kombinasi konvensional dan teknologi yaitu blended learning, isi materi harus disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan keterampilan zaman 4.0, evaluasi komprehensif dan tanggung jawab bersama (ekosistem pendidikan). Pendidik harus beradaptasi dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan di era digital dan infrastruktur yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi. yang identik dengan teknologi informasi yang canggih.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdah, M. G. (2019). Ragam Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Fondatia, 3(1), 27–41. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i1.158
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33–60. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4017
Ansori. (2023). Pembelajaran Agama Islam dalam Era Digital : Tantangan dan Peluaang dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam.
Asry, L. W. (2020). Hubungan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Biram Samtani Sains, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.55542/jbss.v4i1.82
Bangkinang, K. (2022). PENGUATAN BERFIKIR HOT ’ S DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOCEITY 5 . 0.
Budianto, M. R. R., Kurnia, S. F., & Galih, T. R. S. W. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 55–61. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.776
Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Harahap, H. S., & Pasai, K. N. (2022). Pengembangan Manajemen Kurikulum di Madrasah Aliyah Muallimin Univa Medan. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama …, 1, 63–72. https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/view/208%0Ahttps://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/Tajribiyah/article/download/208/262
Harisnur, F. (2021). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah IslamTerpadu (Jsit) Untuk Sekolah/Madrasah. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(2), 52–65.
Hidayanti, N. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pemenuhan Tuntutan Kompetensi Critical Thinking Di Era 21. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(3), 1229–1238.
Khumaini, F., Isroani, F., & Aya, M. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam : Kurikulum dan Pendekatan Humanistik di Era Digital. RisâLah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 680–692. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.243
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Mawardi, A. (2023). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Pendidikan Agama Islam, 01(01), 29–36.
Mulyani Fitri, & Haliza Nur. (2021). AnalisisPerkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.
MUNIR. (2010). KURIKULUM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Oktavia, P., & Khotimah, K. (2023). PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moralitas individu Muslim . Di era digital yang semakin berkembang pesat , pengembangan metode pembelajaran P. An Najah Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan, 02(05), 1–9.
Pengantar BAB, K., & Kurikulum, K. (1997). Daftar Isi.
Raden Vina Iskandya Putri1, T. A. R. (2023). “Бсп За България” Е Под Номер 1 В Бюлетината За Вота, Герб - С Номер 2, Пп-Дб - С Номер 12. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
Ramadhan, O. M., Hermawan, A. H., & Erihadiana, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Era New Normal. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(1), 32–45. https://doi.org/10.33367/ji.v11i1.1588
Romdoniyah, Dedih, & A. (2022). Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan. 01(02), 131–152.
Septiyani, R., Prasetiyo, & Rahayu, P. (2022). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNHP). Analisis Profil Literasi Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Demak, 3, 184–191.
Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Tehadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 23–36. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Zakariyah, Z., Muhamad Arif, & Nurotul Faidah. (2022). Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Abad 21. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1–13. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i1.964
DOI: https://doi.org/10.24952/fahmina.v2i2.13664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sulaiman Sihombing, Aisyah Futri Utami Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 email: fahmina@uinsyahada.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.