Implementation of Character Education in the Mathematics Learning Process
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196.
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Prenada Media.
Amalia, A., Syafitri, L. F., Triyana, V., & Sari, A. (2018). Masalah Matematik Dengan Self Efficacy Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp. Urnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 887–894.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Dkk, S. (2013). Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama.
Firdaus, A. E., Pujiastiuti, H., & C. A. H, F. . (2020). Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 367–382.
Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia Secara Online Di: Http://Lib. Untidar. Ac. Id/Wp-Content/Uploads [Diakses Di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].
Hendra, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sman Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.47
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8
INDONESIA, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Lickona, T. (2001). What is good character? Reclaiming Children and Youth, 9(4), 239.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi nilai-nilai karakter matematika melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344.
Mayasari, M., & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nizar, R. A. (2015). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Persada Publishing.
Nizar, R. A. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, PTK dan Penelitian Pengembangan. Cita Pustaka Media.
Nucci, L., & Narvaez, D. (2008). Peer relationships and social groups: Implications for moral education. In Handbook of moral and character education (pp. 283–304). Routledge.
Nurliyah, N., Bisri, H., & Hartati, Y. (2017). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Program Intrakurikuler Dan Ekstrakurikuler. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.
Pasaribu, M. H. (2021). Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembinaan mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.
Pertiwi, I., & Marsigit, M. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 153–165.
Prayitno, E. (2011). Pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran matematika di smp. hlm. 35.
Prayitno, E., & Widyantini, T. (2011). Pendidikan Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Kementerian Pendidikan.
Prihasyto, M., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(1), 16. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6884
Rahmadani, D., Siagian, P., & Napitupulu, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sma Negeri 2 Binjai. Pjpm, 12(2), 1–5.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 2(1), 49–057.
Retnaningsih, D. (2019). Tantangan dan Strategi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri, 4, 23–30.
R. H. A. Seonarjo, dkk. (1997). Al-Quran dan Terjemahannya. PT. Karya Toha Putra.
Rohaeti, E. E. (2011). Penerapan Pendidikan Karakter Aa Jepang dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia.
Senjaya, A. J. (2017). Statistika Terapan Untuk Penelitian Bidang Pendidikan dan Pengajaran. fkipunwir Press.
Shadiq, F. (2019). Pembelajaran Matematika Pada Era Industri 4.0., Suatu Tantangan Bagi Guru Dan Pendidik Matematika. Seminar & Conference Proceedings of UMT.
Sumarmo, U. (2013). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter.
Surya, P., & Rofiq, M. H. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31–37.
Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1).
Wibowo, T. (2019). Pembelajaran Matematika dan Risetnya di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1).
Zuriah, N. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Perspektif Perubahan. PT. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v10i01.5214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Almira Amir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com