Pembelajaran Kooperatif Stad Dengan Media Mind Mapping Dan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif STAD melalui media mind mapping dibandingkan dengan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif STAD melalui media kartu soal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen. Kelompok eksperimen I dengan model kooperatif STAD dengan mind mapping, kelas eksperimen II dengan model kooperatif STAD dengan media kartu soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata pretest 30,00 ± 7,73 dan posttes 78,00 ± 5,75 dengan rata-rata gain sebesar 0,70. Sementara siswa di kelas eksperimen II memiliki nilai rata-rata pretest 23,00 ± 8,19 dan posttest 66,20 ± 6,42 dengan rata-rata gain 0,57. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh thitung sebesar 4,885 sedangkan nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga t hitung> t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan dalam kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 12,63%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriyanto, Dody, dkk., (2014), Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Kemampuan Memory Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hukum-hukum Dasar Kimia pada Siswa Kelas X Semester Gasal di SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/2013. Vol.3.No.3 Arikunto, S., (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta. Astiti, Ni Wayan., (2011), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatis Tipe STAD dan Motivasi Prestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Semarapura, Halaman 1-13. Astuti, Heni.,(2013), Efektivitas Penggunaan Media TTS dan Kartu Soal didalam Metode Diskusi pada Materi Koloid kelasXI Semester Genap SMA N Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012., Vol.2.No.1, Halaman 85-91. Fathonah, Rani., (2013), Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) dengan Kartu pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Zat Adiktif dan Psikotropika Kelas VIII SMP N 2 Ngadirojo, Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012, Vol.2.No.3, Halaman 68-76. Hidayati, I.A.N., (2013), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI MAN Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012, Vol.2.No.2, Halaman 92-99. Khasanah, Arifatun., (2013), Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dilengkapi Kartu Soal Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MA Ali Maksum, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Madra, I Ketut., (2012), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Asesmen Proses Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas X SMA N 1 Gianyar, Halaman 1-13. Muhamad, Sirhan, dkk.,(2015), Mind Mapping Dalam Pembelajaran Struktur Atom Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Palu,Halaman 116-122. Ngalimun, (2012), Strategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Pressindo, Yogyakarta. Nirmalasari, Dewi., (2013), Studi Komparasi Penggunaan Media Mind Map dan Crossword Puzzle pada Metode Proyek Ditinjau dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMA N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013, Vol.2.No.4, Halaman 110- 117. Perdana, Dimas Dian., (2014), Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Kartu Soal pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013, Vol.3.No.1, Halaman 74-79. Purba, Michael. (2010), Kimia Kelompok Teknologi dan Kesehatan, Erlangga, Jakarta Purwantoko, R.A.dkk, (2010), Keefektifan Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Puzzle Terhadap Pemahaman IPA Pokok Bahasan Kalor pada Siswa SMP, Halaman 123-127. Qurniawati, Annik. (2013), Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Kartu Pintar dan Kartu Soal terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap SMA Negeri 8 Surakarta Tahun pelajaran 2012/2013, Vol. 2 No. 3, Halaman 166-174 Rosmaladewi, (2012), Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diajar Menggunakan Media The Thing Puzzle dan Media Crossword Puzzle pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam T.A.2012/2013, Skripsi, Fmipa Unimed, Medan. Sadiman, Arief S.dkk, (2010), Media Pendidikan, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta. Sadirman, (2011), Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta. Sagala, Syaiful., (2006), Konsep dan Makna Pembelajaran, CV Alfabeta, Bandung. Sanjaya, W., (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Prenada Media Group, Jakarta Seputra, Ketut Wahyudi, (2020), Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA, Vol.3.No.3. Silitonga, P.M., (2011), Statistik Teori dan Aplikasi Dalam Penelitian, FMIPA, Unimed, Medan. Slavin, Robert E., (2005), Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktek, Nusa Media, Bandung. Sudarmo, Unggul., (2006), Kimia, PT Phibeta Aneka Gama, Surakarta. Sudjana, N., (2005), Metoda Statistika, PT Tarsito, Bandung Sudjana,N., (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Suguharti, Susi., (2013) Studi Komparasi Penggunaan Media TTS dan LKS pada Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Semester Gasal SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013, Vol.2.No.1, Halaman 73-79. Suprijono, Agus., (2009), Cooperative Learning, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Wahyuningjati, Dwi., (2013), Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Drilling Berbantuan Kartu Soal dan Cooperative Integrated Reading Composition Berbantuan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika, Skripsi, IKIP PGRI, Semarang. Walida, Luthfi Faza, dkk. (2017), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam, Vol.1No.1
DOI: https://doi.org/10.24952/lavoisier.v1i1.5452
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 LAVOISIER: Chemistry Education Journal
Lavoisier:Chemistry Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © 2022 Lavoisier: Chemistry Education Journal.All rights reserved.