استخدام استراتيجيات ترتيب الكلمات في تعليم الصرف خاصة في موضوع الصيغة لطالبات الصف الثاني في معهد دار الأخوة للبنات الثاني
Pembelajaran shorof atau morfologi terkadang dianggap mudah dipelajari bagi pembelajar bahasa Arab tingkat pemula, sehingga mata pelajaran ini pun mulai diajarkan di kelas 2 SMP di berbagai sekolah, salah satunya di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 Malang. Penelitian ini mebahas tentang strategi pembelajaran shorof dengan permainan susun kata yang disesuaikan dengan kurikulum dan buku ajar pondok tersebut, yaitu kurikulum KMI. Peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran dengan strategi susun kata pada materi shorf sighatul kalimat santriwati kelas 2 di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 serta mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan strategi tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa catatan lapangan, foto, dokumentasi dan lain-lain. Penellitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan berdasarkan paradigma, strategi dan implementasi model secara kualitatif. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Susun Kata Pada Pembelajaran Shorf Sighatul Kalimat Santriwati kelas 2 di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 membawa pengaruh positif pada pembelajaran shorof. Dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan kesemangatan santriwati dalam belajar serta memberi inovasi baru bagi guru dalam menyampaikan materi dan mengambil evaluasi.
Keywords : shorof, susun kata, sighoh
Adieb, Zuhhad Wafiroh. “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Nahwu Dan Sharaf Berbasis Android.” Thesis (S1 Sistem Informasi), 2017.
Chotimah, N. “Urgensi Filsafat Bahasa Dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab.” Turats, 2016.
Hadiyanto, Andy, Cendra Samitri, and Siti Maria Ulfah. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal Dan Moderasi Islam Di Perguruan Tinggi Negeri.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 2020. https://doi.org/10.21009/004.01.07.
Hanifah, Umi. “Penerapan Model PAIKEM Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab | At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2017.
Haq, Samsul. “Media Tiga Dimensi Dan Media Internet Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Arab.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2022. https://doi.org/10.30821/ihya.v8i2.15191.
Larasati, Ariyani Dwi, and Mohammad Ahsanuddin. “Pengembangan Monopoli Bahasa Arab Untuk Pembelajaran Kosakata Kelas IX Madrasah Tsanawiyah.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2023. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p391-405.
Mu’adzah, Maryam, and Afifah Amalia P. “Metode Pembelajaran Ilmu Sharaf Di Pondok Pesantren Cirata.” Shaut Al Arabiyyah, 2022. https://doi.org/10.24252/saa.v10i1.26127.
Muassomah, M. “Learning Qawaid Through Language Game Adlif Kalimatan for Students of Arabic Language and Literature at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” ALSINATUNA 5, no. (1), (2020): 58-71.
Muhajirunnajah. “Penerapan Pembelajaran Shorof Bagi Pembelajar Tingkat Pemula Menggunakan Metode Pemerolehan Bahasa Muhajirunnajah Abstrak.” Almahara 5, no. 1 (2019): 117–40.
Mujahidah, Nelly, and Baidhillah Riyadhi. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2023. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2031.
Naseha, Siti Durotun, and Muassomah Muassomah. “Model Pembelajaran Ilmu Sharaf Dengan Menggunakan Metode Inquiry Dan Metode Snowball Tashrif.” Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2018. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v3i1.526.
Nurhayati. “Pembelajaran Nahwu Sharaf Dengan Menggunakan Metode Al-Miftahlil Ulum Di Madrasah Diniyah Putri Pp. Misbahul Hidayah Suboh Situbondo Skripsi.” Jurnal Kependidikan, 2020.
Priwitasari, Ashlih. “Model Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di SMK Muhammadiyah Kartasura Di Era New Normal Covid-19.” Uktub: Journal of Arabic Studies 2, no. 1 (2022): 11–22.
Saleh, Rahmat, and & Zulfandi. “Game Edukasi Susun Kata Berbasis J2Me.” Jurnal Teknovasi 01, no. 1 (2014): 19–25.
Sarif, Suharia. “Pengenalan Bahasa Arab Dasar Melalui Lu’bah Lughawiyyah Bagi Generasi Muhammadiyah Di Panti Asuhan Aisyiah Limboto.” Insan Cita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020. https://doi.org/10.32662/insancita.v2i1.886.
Sugiyono, 2019. “Prof_dr_sugiyono_metode_penelitian_kuant.Pdf,” 2009.
Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013.
Sulton, Rizal, Gulpi Qorik Oktagalu. P, and Abu Tholib. “Pengembangan Permainan Edukatif Untuk Anak-Anak Berbasis Android Pada Materi Ilmu Sharaf Dasar.” In Prosiding SENTIA 2016 - Politeknik Negeri Malang, 2016.
Suryadi Nasution. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan.” Studi Arab, 2021. https://doi.org/10.35891/sa.v12i2.2587.
Syaripudin, Undang. “Pembuatan Game Ilmu Shorof (Tashrief) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab” VI, no. 1 (2012).
Tungkagi, Fika Magfira, Ibadurrahman Ali, and Yuslin Kasan. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Iain Sultan Amai Gorontalo.” Al-Fakkaar, 2022. https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2854.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.